top of page

Mengapa Material HDPE Cocok Digunakan sebagai Material Tangki Kimia Penampung Sodium Hydroxide



Tangki Caustic Soda dari HDPE
Tangki Caustic Soda dari HDPE

Tangki kimia yang digunakan untuk menyimpan bahan kimia harus memenuhi beberapa persyaratan penting, termasuk ketahanan terhadap korosi, kemampuan tahan terhadap reaksi kimia, dan keamanan bagi lingkungan sekitarnya. Dalam konteks ini, High-Density Polyethylene (HDPE) telah terbukti menjadi pilihan yang sangat cocok sebagai material tangki kimia penampung untuk menyimpan Sodium Hydroxide (NaOH). Berikut adalah beberapa alasan mengapa HDPE merupakan pilihan yang tepat untuk tujuan ini:

1. Ketahanan terhadap Sodium Hydroxide:


Sodium hydroxide adalah bahan kimia yang sangat korosif dan dapat merusak banyak jenis material. Namun, HDPE dikenal memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap Sodium Hydroxide dalam berbagai konsentrasi. HDPE memiliki struktur molekuler yang kuat dan ikatan kimia yang stabil, membuatnya tahan terhadap serangan bahan kimia agresif seperti NaOH. Ini berarti tangki yang terbuat dari HDPE akan mampu menjaga integritas strukturalnya serta mencegah terjadinya kebocoran atau kerusakan akibat kontak dengan Sodium Hydroxide.

2. Ketahanan terhadap Korosi:


Sodium hydroxide dapat menyebabkan korosi pada banyak logam dan material, mengurangi umur pakai dan keandalan tangki. HDPE adalah material yang non-logam dan non-korosif, sehingga tidak akan terpengaruh oleh reaksi kimia dengan Sodium Hydroxide. Tangki yang terbuat dari HDPE tidak akan berkarat atau terkikis oleh bahan kimia ini, menjaga kualitas penyimpanan dan mengurangi risiko kebocoran.

3. Kemudahan Pemrosesan:


HDPE adalah material yang relatif mudah untuk diolah dan dibentuk, memungkinkan pembuatan tangki dengan berbagai bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan. Proses pembuatan yang fleksibel ini memungkinkan tangki HDPE dapat disesuaikan dengan spesifikasi yang tepat untuk aplikasi penyimpanan Sodium Hydroxide.

4. Berat Ringan:


HDPE memiliki berat jenis yang ringan, membuatnya lebih mudah untuk diangkut, diinstal, dan ditempatkan di lokasi. Ini juga berarti bahwa struktur pendukung tangki dapat lebih sederhana dibandingkan dengan material yang lebih berat, yang dapat mengurangi biaya pemasangan.

5. Keamanan Lingkungan:


HDPE adalah material yang tidak beracun dan aman bagi lingkungan. Saat digunakan untuk menyimpan Sodium Hydroxide, HDPE tidak akan melepaskan bahan-bahan berbahaya atau zat kimia ke lingkungan sekitarnya, menjaga keamanan pekerja dan lingkungan.

6. Umur Pakai yang Panjang:


HDPE memiliki ketahanan terhadap penuaan dan degradasi akibat paparan sinar matahari, bahan kimia, dan kondisi lingkungan ekstrem. Hal ini memungkinkan tangki HDPE untuk memiliki umur pakai yang panjang, mengurangi biaya penggantian dan pemeliharaan.



Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, HDPE adalah pilihan yang sangat tepat sebagai material tangki kimia penampung Sodium Hydroxide karena ketahanannya terhadap korosi, reaksi kimia, kemudahan pemrosesan, dan keamanan lingkungan. Kombinasi sifat-sifat ini menjadikan HDPE sebagai solusi yang efektif dan ekonomis untuk penyimpanan Sodium Hydroxide dalam lingkungan industri dan kimia.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang

63 views0 comments

Comentarios


bottom of page