top of page

Bahaya Menampung Sodium Hypochlorite dengan Tangki Kimia Non-HDPE


Tangki HDPE Solusi penampungan sodium hypochlorite
Tangki Kimia HDPE

Pendahuluan:


Sodium hypochlorite adalah senyawa kimia yang umum digunakan sebagai disinfectant dan pemutih dalam berbagai aplikasi industri, termasuk pengolahan air, pembersihan, dan industri kimia. Penting untuk memahami bahwa penyimpanan senyawa ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari risiko potensial terkait dengan bahan kimia ini. Salah satu faktor yang kritis dalam penyimpanan sodium hypochlorite adalah pemilihan tangki kimia yang tepat, dan penggunaan tangki non-High-Density Polyethylene (HDPE) dapat menimbulkan bahaya serius.


Bahaya Tangki Kimia Non-HDPE untuk Sodium Hypochlorite:


Korosi dan Reaksi Kimia: 

Tangki yang tidak terbuat dari HDPE dapat mengalami korosi atau reaksi kimia dengan sodium hypochlorite. Senyawa ini memiliki sifat oksidatif yang tinggi dan dapat merusak atau merusak material non-kompatibel. Korosi tangki dapat menghasilkan partikel atau senyawa tambahan yang dapat mencemari sodium hypochlorite, mengurangi kualitas dan efektivitasnya.


Leaching Bahan Berbahaya: 

Material non-HDPE cenderung lebih rentan terhadap proses leaching, yaitu pelepasan zat kimia atau komponen tangki ke dalam sodium hypochlorite. Bahan berbahaya yang terlepas dapat merubah sifat kimia dari sodium hypochlorite dan berpotensi menciptakan produk sampingan berbahaya.


Kekurangan Kestabilan: 

Tangki kimia yang tidak dirancang khusus untuk menahan sodium hypochlorite mungkin tidak memberikan kestabilan yang dibutuhkan. Kestabilan yang buruk dapat menyebabkan degradasi sodium hypochlorite, mengubah konsentrasi dan efektivitasnya dalam waktu yang singkat.


Risiko Kebocoran dan Tumpahan: 

Tangki non-HDPE mungkin kurang tahan terhadap tekanan dan suhu yang terkait dengan penyimpanan sodium hypochlorite. Ini dapat meningkatkan risiko kebocoran atau tumpahan, yang tidak hanya dapat mencemari lingkungan tetapi juga membahayakan kesehatan pekerja dan masyarakat sekitar.


Dampak Lingkungan dan Kesehatan: 

Jika sodium hypochlorite ter-kontaminasi oleh bahan kimia dari tangki non-HDPE, ini dapat berdampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia. Dalam kasus ekstrim, pencemaran yang signifikan dapat menyebabkan dampak jangka panjang pada ekosistem dan kesehatan masyarakat.


Kesimpulan:


Memilih tangki kimia yang sesuai dengan sifat sodium hypochlorite adalah langkah kritis untuk memastikan keamanan dan kualitas produk. Tangki HDPE dirancang khusus untuk menahan sodium hypochlorite dan mencegah bahaya yang mungkin timbul akibat reaksi kimia, korosi, atau leaching bahan berbahaya. Pemilihan bahan penyimpanan yang tepat bukan hanya merupakan kebutuhan teknis, tetapi juga merupakan tanggung jawab etis untuk menjaga keamanan manusia dan lingkungan.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


8 views0 comments

댓글


bottom of page