top of page

Membangun Sistem Penyimpanan Kimia Kustom untuk Bahan Kimia Unik



Tangki Kimia HDPE
Tangki Kimia HDPE

Dalam dunia industri, keamanan dan keefektifan penyimpanan bahan kimia merupakan aspek yang sangat penting. Setiap bahan kimia memiliki karakteristik uniknya sendiri, sehingga memerlukan pendekatan khusus dalam perancangan sistem penyimpanan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah dan pertimbangan yang diperlukan untuk membangun sistem penyimpanan kimia kustom yang aman dan efisien untuk bahan kimia unik.


Identifikasi Bahan Kimia: 


Langkah pertama dalam merancang sistem penyimpanan adalah mengidentifikasi bahan kimia yang akan disimpan. Ini termasuk memahami sifat-sifat fisik dan kimianya, serta persyaratan khusus seperti suhu penyimpanan, kebutuhan ventilasi, dan kompatibilitas dengan material lain.


Pemilihan Material Konstruksi: 


Berdasarkan sifat bahan kimia, pilihlah material konstruksi yang sesuai. Misalnya, untuk bahan kimia korosif, stainless steel atau polietilena berat molekul tinggi mungkin menjadi pilihan yang baik. Pemilihan material harus memperhitungkan resistansi terhadap korosi, reaktivitas, dan daya tahan terhadap bahan kimia tertentu.


Desain Ruang Penyimpanan: 


Sesuaikan desain ruang penyimpanan dengan jumlah dan jenis bahan kimia yang akan disimpan. Pertimbangkan kebutuhan rak, wadah, dan sistem penyangga yang dapat mengakomodasi bahan kimia dalam jumlah yang tepat dan meminimalkan risiko kontaminasi.


Ventilasi yang kuat: 


Pastikan sistem penyimpanan dilengkapi dengan ventilasi yang memadai untuk mencegah penumpukan gas beracun atau penguapan bahan kimia. Pengaturan ventilasi harus disesuaikan dengan sifat-sifat volatil bahan kimia yang disimpan.

Sistem Penanganan Darurat: Integrasikan sistem penanganan darurat, termasuk peralatan pemadam kebakaran, pancuran darurat, dan prosedur evakuasi. Sertakan label yang jelas untuk setiap bahan kimia, memberikan informasi tentang tindakan darurat yang harus diambil.


Pemantauan dan Pengawasan: 


Instalasi sensor kebocoran, pemantauan suhu, dan perangkat pengawasan lainnya untuk memantau kondisi penyimpanan secara real-time. Ini membantu mendeteksi potensi bahaya dengan cepat dan memastikan keamanan operasional.


Pelatihan : 


Berikan pelatihan kepada personel yang akan bekerja di area penyimpanan kimia. Pastikan mereka memahami protokol keamanan, tindakan darurat, dan penggunaan peralatan keselamatan.


Pemeliharaan Rutin: 


Lakukan pemeliharaan rutin untuk memastikan sistem penyimpanan berfungsi optimal. Periksa kebocoran, kerusakan, dan perubahan pada bahan kimia yang disimpan secara berkala.


Membangun sistem penyimpanan kimia kustom membutuhkan pendekatan yang cermat dan berbasis pada pemahaman mendalam terhadap karakteristik bahan kimia yang bersangkutan. Dengan memprioritaskan keamanan, keefektifan, dan keberlanjutan, industri dapat menjaga integritas dan keberlanjutan operasionalnya.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


13 views0 comments
bottom of page