top of page

Apa itu Sistem Dosis Kimia? Lengkap dengan Cara Kerjanya

Updated: Jan 2


Sistem Dosis Kimia Flootank

Pernahkah Anda mendengar istilah chemical dosing system atau sistem dosis kimia sebelumnya? Sistem dosis kimia adalah satu set peralatan lengkap dengan dosis, pencampuran, pengangkutan cairan dan kontrol otomatis. Ini juga disebut sistem pakan kimia atau mesin dosis.


Sistem ini merupakan bagian yang sangat penting dari keseluruhan sistem pengolahan air. Digunakan untuk bahan baku pembangkit listrik, air umpan boiler, pengumpulan tanah ladang minyak dan sistem pengolahan dehidrasi transportasi, sistem dosis petrokimia dan sistem pengolahan air limbah.


Baca Juga: Cara Memilih Tangki Penyimpanan Bahan Kimia (Chemical Storage Tank)!


Sistem dosis kimia dari Flootank adalah solusi pra-rekayasa yang dapat digunakan secara efektif di berbagai industri dan proses pengolahan air kota. Sistem ini merupakan sistem dosis natrium hipoklorit berkinerja tinggi, misalnya ketika digunakan untuk mendesinfeksi air minum atau sebagai bagian dari sistem scrubber kimia. Selip pra-kemasan yang ringkas dan ringan, ketahanan korosi, fleksibilitas opsi pompa metering dan kemudahan perawatan adalah beberapa keuntungan dari sistem umpan kimia canggih kami. Hubungi kami di sini untuk diskusi lebih lanjut.


Aplikasi pengolahan air termasuk desinfeksi (asam peroksiasetat – injeksi PAA), perlakuan fluorida, dosis natrium bisulfit, dosis asam sulfat, sistem natrium hipoklorit, dosis polimer dispersan, pemberian natrium hidroksida, dosis kalium permanganat, koagulasi dan flokulasi, dosis asam klorida, pemberian tawas tawas (pH) dan penambahan skala inhibitor.


Bagaimana Cara Kerja Sistem Dosis Kimia?

Sistem dosis kimia dirancang untuk menyuntikkan bahan kimia ke dalam tangki pakan kimia secara otomatis saat mengolah air limbah. Selama proses pemberian dosis, bahan kimia ditambahkan ke aliran air dengan kecepatan yang dikontrol secara tepat oleh pompa metering kimia.


Perbedaan antara Sistem Dosis Kimia yang Berbeda

Sistem dosis kimia yang berbeda menggunakan reagen yang berbeda. Masing-masing reagen ini bekerja dengan cara yang berbeda. Penyebut umum adalah bahwa mereka semua mengondisikan limbah untuk mencegah pembentukan biologis atau kimia dari emisi yang berbau.


Reagen dan sistem mana yang akan digunakan tergantung pada jaringan pengolahan air Anda.

Sistem umpan kimia kami tersedia di semua jenis konfigurasi dengan berbagai pilihan pompa, pengaturan perpipaan, dan bahan terluas. Selain itu, keahlian teknis kami dalam desain sistem rekayasa yang terintegrasi dengan modul turnkey untuk penutup lingkungan, dan modul transfer IoT dapat membantu Anda mengembangkan solusi all-in-one yang sepenuhnya dapat diangkut, mudah dipasang, mudah dikendalikan, untuk aplikasi pengukuran kimia Anda.


Menurut skenario dan tujuan pengiriman yang berbeda, perbedaan tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu:


1. Sistem Dosis Klorin pH Alkali Asam

Sistem ini menggabungkan tangki dosis HDPE atau PP, pompa metering, mixer, dan sistem kontrol otomatis menjadi satu. Pompa metering dan mixer diatur pada tangki dosis HDPE, dan outlet pompa metering terhubung ke pipa dosis dan pipa saluran masuk. Pompa metering ini dikendalikan oleh sistem kontrol otomatis, yang secara otomatis mengontrol dan memeriksa kecepatan dosis dan jumlah dosis.


Saat menambahkan bahan kimia ke pabrik pengolahan air limbah, mixer mencampur bahan kimia dengan air dan pompa metering mengirimkan bahan kimia ke dalam pipa saluran masuk air limbah di bawah kendali sistem kontrol otomatis. Air limbah kimia campuran mengalir ke unit berikutnya.

Chemical Dosing System Flootank

2. Sistem Dosis

Sistem dosis adalah sejenis peralatan yang dapat secara otomatis dan terus menerus menambahkan bubuk kering kimia dan melarutkan cairan kimia.


Anda dapat dengan mudah dan andal menyesuaikan air untuk tujuan penggunaan Anda dan untuk memenuhi persyaratan teknis. Area aplikasi termasuk dosis adalah sebagai berikut:

  • Asam digunakan untuk mengurangi alkalinitas dan mencegah penskalaan.

  • Polyelectrolytes digunakan untuk kondensasi padatan tersuspensi dan untuk meningkatkan filtrasi berikutnya.

  • Penghambat skala dapat menghindari penskalaan pada film reverse osmosis.

  • Desinfektan untuk perawatan benturan untuk menghindari pertumbuhan bakteri.

  • Klorin mencegah pertumbuhan biologis dan tangki penyimpanan dalam pipa.

  • Kapur terhidrasi atau soda kaustik digunakan untuk mengatur pH untuk menetralkan karbon dioksida bebas terlarut.

Mengapa Perlu Menggunakan Sistem Dosis Kimia Flootank?

Tangki kimia prefabrikasi dan sistem pengukuran kami menawarkan berbagai opsi komponen, opsi pemompaan, dan pengaturan perpipaan yang diperlukan untuk solusi tangki dosis kimia khusus.


Sistem kami dapat dipasang di selip atau dipasang di dinding dan dirancang untuk menyuntikkan bahan kimia ke dalam aliran pengolahan air limbah. Alasan lainnya mengapa Anda perlu memilih produk kami, yaitu:

  1. Berbagai teknologi pompa (diafragma, roda gigi, peristaltik, pengukuran, sentrifugal, AODD, dll.).

  2. Kami mengkhususkan diri dalam bahan yang sangat tahan kimia seperti polypropylene, HDPE.

  3. Opsi pipa las fusi pantat tersedia.

  4. Opsi kontrol khusus tersedia.

  5. Fabrikasi sistem lengkap dan pengujian hidrostatik pabrik.

Konsultasikan dengan Flootank untuk proses pemilihan sistem yang tepat sesuai kebutuhan industri Anda. Tim insinyur kami akan membantu Anda menimbang manfaat dari semua kemungkinan sistem dosis kimia yang ada untuk memastikan proyek Anda berikutnya berjalan baik seperti yang Anda bayangkan. Anda bisa menghubungi kami di sini.


Baca Juga: Macam-Macam Peralatan Produksi pada Industri Kimia


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

3 views0 comments
bottom of page