top of page

8 Alasan perusahaan pengolah reagen meninggalkan tangki stainless steel dan beralih ke tangki HDPE


Tangki Reagen HDPE

Meningkatnya kecenderungan perusahaan pengolah reagen untuk meninggalkan tangki stainless steel dan beralih ke tangki High-Density Polyethylene (HDPE) dapat disebabkan oleh sejumlah faktor yang memberikan keuntungan lebih. Berikut adalah beberapa alasan utama di balik pergeseran ini


Biaya Produksi yang Lebih Rendah

Tangki HDPE umumnya lebih ekonomis dalam hal biaya produksi dibandingkan dengan tangki stainless steel. Proses pembuatan tangki HDPE lebih sederhana dan lebih efisien, menghasilkan biaya produksi yang lebih rendah. Ini menjadi poin penting, terutama bagi perusahaan yang mencari cara untuk mengurangi investasi awal dan biaya operasional.


Ringan dan Mudah Dipindahkan

HDPE adalah material yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan stainless steel. Tangki HDPE dapat dengan mudah dipindahkan, dipasang, dan diatur ulang tanpa memerlukan peralatan berat. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam pengelolaan ruang penyimpanan dan penyesuaian struktur.


Ketahanan Terhadap Korosi dan Reaksi Kimia

HDPE menawarkan ketahanan yang tinggi terhadap korosi dan reaksi kimia, mirip dengan stainless steel. Namun, HDPE memberikan keunggulan dengan kemampuan ini tanpa memerlukan perlakuan tambahan atau pelapisan, yang seringkali diperlukan pada stainless steel.



Fleksibilitas Desain yang Tinggi

HDPE dapat dicetak dalam berbagai bentuk dan ukuran dengan mudah. Fleksibilitas desain ini memberikan keleluasaan kepada perusahaan untuk merancang tangki sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Mereka dapat mengatur dimensi dan bentuk tangki HDPE untuk menyesuaikan dengan ruang dan kebutuhan produksi.


Kemampuan Isolasi Termal

HDPE memiliki sifat isolasi termal yang baik, yang dapat membantu menjaga suhu reagen dalam tangki dengan lebih stabil. Ini dapat menjadi faktor kritis dalam industri pengolahan reagen di mana suhu yang tepat dapat mempengaruhi kualitas dan stabilitas reagen.


Ramah Lingkungan dan Daur Ulang

HDPE adalah material yang dapat didaur ulang, sementara produksi stainless steel memerlukan energi dan sumber daya yang lebih besar. Meningkatnya kesadaran lingkungan di kalangan perusahaan telah mendorong beralih ke material yang lebih ramah lingkungan seperti HDPE.


Kemudahan Pemeliharaan

Tangki HDPE memerlukan pemeliharaan yang minimal karena sifatnya yang tahan terhadap korosi. Hal ini dapat mengurangi biaya pemeliharaan jangka panjang dan meminimalkan downtime produksi.


Kemudahan Proses Produksi

Pembuatan tangki HDPE lebih cepat dan lebih efisien daripada pembuatan tangki stainless steel. Ini dapat membantu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan produksi dengan lebih cepat dan efisien.


KESIMPULAN

Dengan kombinasi faktor-faktor ini, banyak perusahaan pengolah reagen melihat beralih ke tangki HDPE sebagai pilihan yang memberikan keunggulan ekonomis, teknis, dan lingkungan.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


13 views0 comments

Commenti


bottom of page