top of page

8 Alasan perusahaan pengolah reagen beralih menggunakan tangki HDPE


Tangki Reagen HDPE
Tangki Reagen HDPE

Pendahuluan

Penggunaan tangki High-Density Polyethylene (HDPE) dalam industri pengolahan reagen semakin meningkat karena sejumlah alasan yang memberikan keuntungan signifikan bagi perusahaan tersebut. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perusahaan pengolah reagen beralih ke tangki HDPE:


1. Ketahanan Terhadap Korosi dan Bahan Kimia

Tangki HDPE memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap korosi dan reaksi kimia. Ini sangat penting dalam industri pengolahan reagen di mana berbagai zat kimia yang korosif digunakan. HDPE dapat melindungi reagen dari korosi dan menjaga kualitas serta keamanan bahan kimia yang disimpan.


2. Ringan dan Mudah Dipindahkan

HDPE adalah material yang ringan dibandingkan dengan logam, seperti baja atau stainless steel. Tangki HDPE menjadi pilihan yang lebih mudah untuk dipindahkan dan diatur ulang sesuai dengan kebutuhan produksi. Kelebihan berat ini juga mengurangi beban struktural pada bangunan penyimpanan.


4. Biaya Produksi yang Lebih Rendah

Proses pembuatan tangki HDPE sering kali lebih ekonomis dibandingkan dengan pembuatan tangki dari logam. Selain itu, biaya transportasi dan instalasi juga lebih rendah karena berat yang lebih ringan. Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat biaya produksi dan investasi awal.


5. Ketahanan Terhadap Suhu Ekstrem

HDPE memiliki kemampuan untuk menahan suhu ekstrem, baik yang tinggi maupun rendah. Ini membuatnya ideal untuk digunakan dalam industri pengolahan reagen di mana perubahan suhu dapat terjadi. Tangki HDPE dapat mempertahankan kestabilan fisiknya tanpa mengalami deformasi atau retak.



6. Ramah Lingkungan

HDPE adalah material yang dapat didaur ulang dan ramah lingkungan. Pemakaian HDPE membantu perusahaan mengurangi dampak ekologis dan mendukung praktik berkelanjutan, yang semakin menjadi fokus perusahaan modern.


7. Kemudahan Pemeliharaan

Tangki HDPE memerlukan pemeliharaan yang minimal. Sifat non-korosifnya mengurangi risiko kebocoran atau kerusakan yang disebabkan oleh korosi, sehingga mengurangi kebutuhan untuk pemeliharaan yang sering.


8. Kemampuan Transparansi

Beberapa tangki HDPE dirancang dengan kemampuan transparansi, memungkinkan pengguna untuk melihat level reagen secara langsung tanpa membuka atau membongkar tangki. Ini dapat meningkatkan efisiensi pemantauan dan pengelolaan persediaan.


Dengan kombinasi kelebihan di atas, penggunaan tangki HDPE dalam pengolahan reagen tidak hanya memberikan keamanan dan ketahanan terhadap korosi, tetapi juga memberikan keunggulan ekonomis dan lingkungan. Oleh karena itu, banyak perusahaan pengolah reagen beralih ke HDPE sebagai pilihan yang lebih modern dan efisien.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


7 views0 comments
bottom of page