top of page

7 Panduan Penanganan Hydrofluoric Acid (HF)


Tangki Kimia HDPE
Tangki Kimia HDPE

Hydrofluoric Acid (HF) adalah zat kimia yang sangat korosif dan berbahaya. Disebut berbahaya karena zat kimia ini sangat korosif dan dapat melarutkan banyak material, termasuk logam, kaca, dan batu. Kontak langsung dengan kulit atau jaringan tubuh manusia dapat menyebabkan luka bakar yang serius. Untuk menyimpannya dengan aman, berikut merupakan beberapa langkah yang dapat dilakukan


Tempatkan Hydrofluoric Acid (HF) dalam wadah yang sesuai:

Gunakan wadah yang terbuat dari bahan yang tahan terhadap asam seperti High Density Polyethylene, teflon, atau kaca borosilikat. Pastikan wadah tersebut memiliki penutup yang rapat untuk mencegah kebocoran atau penguapan HF.


Identifikasi wadah dengan jelas:

Tandai wadah dengan label yang jelas dan mudah terbaca, menunjukkan nama zat kimia (Hydrofluoric Acid), konsentrasi, tanggal penyimpanan, dan bahaya yang terkait. Ini akan membantu dalam mengenali dan mengelola bahan kimia dengan aman.


Simpan dalam tempat yang sesuai:

Tempatkan wadah Hydrofluoric Acid (HF) di area yang terpisah dari zat kimia lainnya, terutama yang tidak kompatibel. Jauhkan dari panas, sinar matahari langsung, dan sumber api. Pastikan ruangan penyimpanan memiliki ventilasi yang memadai untuk menghindari penumpukan uap berbahaya.


Gunakan peralatan keselamatan yang sesuai:

Ketika menangani Hydrofluoric Acid (HF), pastikan Anda menggunakan peralatan perlindungan diri (PPE) yang sesuai, seperti kacamata pelindung, sarung tangan tahan asam, lab coat, dan sepatu pengaman. Juga, sediakan peralatan darurat seperti shower mata dan stasiun pencucian mata dalam jangkauan yang mudah.


Penanganan yang hati-hati:

Saat mengeluarkan Hydrofluoric Acid (HF) dari wadah, pastikan Anda menggunakan peralatan yang tepat, seperti alat pengisap, untuk menghindari tumpahan. Hindari kontak langsung dengan kulit, mata, atau inhalasi uap Hydrofluoric Acid (HF). Jika tumpahan terjadi, segera bersihkan dengan bahan penyerap yang sesuai dan atur pembuangan limbah dengan benar.


Penyimpanan limbah:

Jika Anda memiliki limbah Hydrofluoric Acid (HF) yang perlu dibuang, pastikan Anda mengikuti peraturan dan pedoman yang berlaku. Jangan mengeluarkan limbah Hydrofluoric Acid (HF) ke saluran pembuangan normal atau tempat sampah biasa.


Pengetahuan dan pelatihan:

Pastikan Anda dan orang-orang yang bekerja dengan Anda memiliki pengetahuan yang memadai tentang sifat bahaya HF, prosedur penanganan yang aman, dan langkah-langkah darurat yang harus diambil dalam kasus kecelakaan atau paparan.



Material Tangki yang cocok untuk menampung Hydrofluoric Acid (HF):

Tempat penyimpanan yang cocok untuk Hydrofluoric Acid adalah di dalam tangki penyimpanan kimia yang terbuat dari material tahan asam dan tahan bocor, seperti polietilen berdensitas tinggi (HDPE) atau bahan stainless steel. Ini penting untuk memastikan bahwa tangki tersebut memiliki sifat anti-korosi dan tidak mudah bocor, karena Hydrofluoric Acid sangat agresif dan dapat menyebabkan kerusakan pada material tangki yang tidak tahan.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal

231 views0 comments

Comentários


bottom of page