top of page

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Tangki Penyimpanan Bahan Makanan



Ketika memilih tangki penyimpanan makanan untuk bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Anda harus memastikan bahwa produk makanan tetap segar dan tidak terkontaminasi. Ada banyak jenis tangki food grade di pasaran, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda memilih yang tepat.


Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 pertimbangan penting yang perlu diingat ketika memilih tangki penyimpanan makanan: memastikan kualitas, kondisi material, kemampuan untuk mengatur suhu, kompatibilitas dengan produk makanan, dan harga. Dengan melihat faktor-faktor ini, Anda akan memiliki tangki penyimpanan yang ideal untuk bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Pastikan bahwa tangki itu memiliki kualitas food grade yang tinggi. Tangki harus memiliki sertifikasi dari institusi yang diakui secara internasional seperti NSF, jika tidak, Anda mungkin tidak dapat menggunakannya untuk penyimpanan makanan.

  2. Pastikan bahwa tangki memiliki desain yang tepat untuk mencegah kontaminasi. Tangki harus dilengkapi dengan drain valve, manhole dan lainnya.

  3. Pastikan bahwa tangki dapat dipasang dengan aman di lokasi yang diinginkan. Beberapa tangki dapat dipasang di lantai, sementara yang lainnya dapat dipasang di atas tanah.

  4. Pastikan bahwa tangki memiliki kapasitas yang tepat untuk kebutuhan Anda.


Faktor-Faktor yang Diperhatikan saat Memilih Tangki Penyimpanan Bahan Kimia


Untuk memastikan kualitas pengolahan yang baik penyimpanan makanan dan minuman selalu membutuhkan tangki yang sesuai dengan standar food grade. Berikut adalah beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan saat memilih tangki penyimpanan food grade yang tepat.


1. Kapasitas Tangki

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kapasitas tangki. Berapa banyak bahan material olahan yang perlu Anda simpan? Penting untuk memilih tangki yang cukup besar untuk mengakomodasi kebutuhan Anda, tetapi jangan terlalu besar sehingga sulit untuk dibersihkan atau dirawat.


2. Bahan Tangki

Dari bahan apa tangki akan dibuat? Hal ini menjadi pertimbangan penting karena bahan yang berbeda memiliki sifat yang berbeda yang dapat mempengaruhi rasa atau kualitas produk makanan. Misalnya, High Density Polyethylene dan Polypropylene adalah pilihan umum untuk tangki penyimpanan makanan karena tidak bereaksi dengan makanan, dan mudah dibersihkan dan disterilkan.


3. Isolasi

Isolasi adalah faktor penting yang perlu diperhatikan ketika memilih tangki penyimpanan. Ini sangat berguna jika Anda perlu menyimpan produk yang sensitif terhadap suhu, seperti susu atau daging. Tangki terisolasi membantu menjaga suhu tetap konstan, yang membantu mempertahankan kesegaran makanan lebih lama.


4. Tekanan

Tekanan juga menjadi masalah ketika menyimpan makanan tertentu, seperti minuman berkarbonasi. Tangki khusus dibangun untuk menahan tekanan yang lebih tinggi, memiliki dinding yang diperkuat dan katup dan alat kelengkapan yang dapat menahan tekanan.


5. Memiliki Sertifikasi

Terakhir, pastikan bahwa tangki yang Anda pilih memiliki sertifikasi yang tepat. Ini berarti bahwa tangki telah lolos persyaratan teknis dari segi material sampai proses produksi agar memastikan bahwa tangki memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ketat.

Memilih tangki penyimpanan makanan yang tepat bisa tampak seperti tugas yang menantang, tetapi jika Anda mengingat faktor-faktor ini harapannya agar Anda dapat menemukan tangki yang handal untuk kebutuhan Anda.


Baca Juga : Apa itu Plastik Food Grade?


Kesimpulan

Memilih tangki penyimpanan makanan yang tepat adalah penting untuk bisnis makanan komersial. Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkan lima faktor berikut saat memilihnya: kapasitas, bahan, isolasi, tekanan, dan sertifikasi.


Jika Anda membutuhkan bantuan memilih tangki penyimpanan bahan makanan yang cocok untuk bisnis Anda, Flootank siap membantu. Kami menawarkan tangki thermoplastic dari material High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang bisa digunakan untuk untuk industri pengolahan makanan. Semua tangki yang kami buat dirancang untuk memenuhi standar industri makanan dan minuman.


9 views0 comments
bottom of page