top of page

4 Kesalahan Perawatan Tangki Kimia yang Harus Dihindari


Chemical Tank HDPE custom
Chemical Tank HDPE

Bagi Anda yang bekerja di industri yang menggunakan bahan kimia, pasti sudah tidak asing lagi dengan tangki kimia. Meski sudah terbiasa, namun seringkali kita melupakan kesalahan-kesalahan penggunaan dan perawatan tangki kimia. Kesalahan ini bisa mengakibatkan kerusakan tangki kimia dan bahkan membahayakan keselamatan kita.


Membeli dan memelihara solusi penyimpanan bahan kimia tidak sesederhana melakukan perjalanan ke toko perangkat keras dan memilih tangki lalu membeli. Sayangnya, banyak fasilitas melakukan pembelian tangki kimia tanpa perencanaan dan pelaksanaan yang tepat, dan hasilnya bisa jauh lebih mahal.


Oleh karena itu, penting untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam penggunaan dan perawatan tangki kimia agar kinerjanya optimal dan tetap aman digunakan.



1. Informasi Kimia yang Tidak Lengkap

Saat merancang spesifikasi untuk tangki penyimpanan bahan kimia, banyak insinyur mulai dengan persyaratan ukuran, bahan tangki, atau beberapa kriteria lainnya. Di Flootank, hal pertama yang perlu kita ketahui adalah jenis bahan kimia apa yang akan disimpan di dalam tangki, dan pada konsentrasi apa. Informasi ini mendorong semua hal lain yang kami lakukan dalam merekayasa solusi penyimpanan Anda.


Bahan kimia yang berbeda menghasilkan asap dan membutuhkan ventilasi yang tepat. Beberapa bahan kimia membutuhkan jenis isolasi tertentu untuk penyimpanan di luar ruangan, yang lainnya membutuhkan solusi atau perlengkapan dinding ganda.


Jadilah sespesifik mungkin tentang bahan kimia yang akan Anda simpan. Sangat mudah untuk membuat kesalahan sederhana jika Anda hanya memberikan nama kimia generik atau tidak memberikan konsentrasi kimia yang tepat. Jika tangki dirancang untuk bahan kimia yang salah, mungkin ada semua jenis masalah berbahaya, termasuk kebocoran pada alat kelengkapan, masalah uap, dan retakan.


Segala sesuatu tentang tangki, mulai dari ketebalan dinding hingga struktur ventilasi—bahkan warna tangki—dimulai dengan pengetahuan tentang bahan kimia tersebut.


2. Fondasi Buruk di Lokasi Pemasangan


Di mana pun tangki dipasang, fondasi yang halus dan rata adalah suatu keharusan. Bantalan tempat tangki akan bersandar harus berukuran tepat, terutama jika tangki Anda membutuhkan pengekangan seismik atau angin.


Kadang-kadang kita melihat bantalan yang berukuran tepat untuk tangki, tetapi bukan klip seismik. Pikirkan ke depan dan ajukan pertanyaan tentang pengekangan seismik dan angin. Apakah instalasi akan menjadi perlengkapan permanen? Jika demikian, bantalan kemungkinan besar akan menjadi beton.


Jika bantalan tangki tidak memiliki ukuran atau ketebalan yang tepat, tangki Anda harus ditarik dari lokasinya saat bantalan berukuran tepat dipasang, dan kemudian dipasang kembali setelahnya. Proses ini mahal dan memakan waktu.


Kami dapat membantu Anda memikirkan kebutuhan foundation dan pad Anda sejak dini. Panduan Instalasi Tangki kami adalah tempat yang berguna untuk mulai berjalan melalui semua pertanyaan yang harus Anda persiapkan untuk ditangani. Biarkan kami membantu Anda dengan sistem tangki Anda.


3. Peralatan Off-Loading yang Hilang atau Tidak Tepat


Salah satu pertimbangan yang paling sering diabaikan adalah menurunkan peralatan. Ketika tangki Anda tiba di fasilitas Anda, Anda harus memiliki jenis peralatan yang tepat di tempat untuk mengangkat tangki dari truk dan ke lokasi pemasangan.


Tergantung pada ukuran tangki, Anda memerlukan crane atau forklift dengan garpu yang diperpanjang. Sangat penting bagi Anda untuk memiliki peralatan yang tepat untuk memindahkan tangki dari titik A ke titik B tanpa menyebabkan kerusakan pada tangki, perlengkapan dan aksesorisnya, atau lingkungan Anda.



Peralatan pemasangan yang tidak tepat juga dapat membuat pabrik Anda rentan terhadap bahaya jika tangki mendarat di suatu tempat yang seharusnya tidak. Mungkin ada bahan kimia lain yang tumpah atau dinding tanaman yang terganggu. Ini adalah kesalahan mahal yang pasti ingin Anda hindari dengan segala cara.

Manual instalasi kami menyediakan instruksi pembongkaran. Kami sangat menyarankan menggunakan rigger/kontraktor profesional


4. Gagal Memeriksa Tank yang Dibeli


Perencanaan Anda tidak berakhir saat tangki Anda dipasang. Inspeksi tahunan sangat penting untuk menjaga penyimpanan bahan kimia yang aman. Beberapa pelanggan gagal melakukan inspeksi tangki tahunan, menyiapkan diri untuk masalah serius.


Masalah kecil dengan pemasangan tangki atau pengaturan suhu yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah besar di jalan. Masalah kecil yang tidak diperbaiki pada akhirnya dapat membahayakan integritas tangki, berpotensi menyebabkan tumpahan bahan kimia dan retakan di dalam tangki.


Periksa sistem penyimpanan bahan kimia Anda, termasuk perlengkapan tangki dan gasket setahun sekali dengan Panduan Pemasangan kami untuk menghindari skenario berbahaya dan mahal.



Cara menghindari kesalahan penggunaan dan perawatan tangki kimia


Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari kesalahan penggunaan dan perawatan tangki kimia:


1. Memahami karakteristik bahan kimia yang disimpan


Sebelum menyimpan bahan kimia dalam tangki, pastikan untuk memahami karakteristik bahan kimia tersebut, seperti pH, suhu, dan reaktivitas dengan bahan kimia lainnya. Hal ini penting untuk menghindari reaksi yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan bahaya keamanan.


2. Memasang tangki sesuai dengan standar


Pastikan untuk memasang tangki kimia sesuai dengan standar dan panduan dari produsen. Pastikan tangki terpasang dengan aman dan tidak mudah terguling. Jangan memasang tangki di tempat yang terlalu dekat dengan sumber api, mesin, atau area yang mudah terkena bencana alam.


3. Memeriksa kapasitas tangki sebelum mengisinya


Sebelum mengisi tangki kimia, pastikan untuk memeriksa kapasitas maksimal tangki. Jangan melebihi kapasitas tangki karena dapat menyebabkan bahaya keamanan dan kerusakan tangki.


4. Melakukan perawatan rutin dan pembersihan yang memadai


Lakukan perawatan rutin pada tangki kimia, seperti memeriksa kebocoran, memeriksa katup, dan membersihkan permukaan tangki. Pastikan untuk menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan, kacamata pelindung, dan baju pelindung saat melakukan pembersihan.


5. Menggunakan bahan kimia yang sesuai untuk membersihkan tangki


Pastikan untuk menggunakan bahan kimia yang sesuai untuk membersihkan tangki. Hindari menggunakan bahan kimia yang tidak cocok untuk membersihkan tangki karena dapat menyebabkan korosi dan kerusakan pada tangki.


6. Memperhatikan tanggal kadaluarsa bahan kimia yang digunakan untuk perawatan


Pastikan untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa bahan kimia yang digunakan untuk perawatan. Bahan kimia yang sudah kedaluwarsa dapat menyebabkan bahaya keamanan dan merusak tangki kimia.


7. MEMILIH MATERIAL TANGKI YANG HANDAL


Untuk menyimpan bahan kimia, tentu diperlukan juga pemilihan material bahan tangki yang handal. Salah satu bahan terbaik adalah tangki High Density Polyethylene. Material plastik ini memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap bahan kimia yang korosif dan agresif. Selain itu HDPE (High-Density Polyethylene) adalah plastik bermutu tinggi yang handal dan dapat di fabrikasi menyesuaikan bentuk yang diinginkan (custom). Oleh karena itu, tangki kimia HDPE adalah solusi tepat tahan lama dan hemat biaya untuk kebutuhan penyimpanan dalam industri pengolahan kimia.


Kesimpulan


Dengan menghindari kesalahan penggunaan dan perawatan tangki kimia, Anda dapat menjaga kesehatan dan keselamatan lingkungan serta memperpanjang umur pakai tangki kimia dan selalu ingat untuk memeriksa dan melakukan perawatan tangki kimia secara rutin.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami di sini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


13 views0 comments

Comments


bottom of page