top of page

3 TIPS MERAWAT TANGKI KIMIA HDPE


Tangki Kimia HDPE Custom
Tangki Kimia HDPE Custom

Jika Anda bekerja di industri yang menggunakan bahan kimia, maka Anda pasti tahu betapa pentingnya keamanan penyimpanan bahan kimia. Kalau kita lihat sekilas, tidak mungkin rasanya untuk mengukur umur tangki penyimpanan bahan kimia polietilen densitas tinggi Anda, ada banyak hal yang perlu diketahui dan dipertimbangkan yang akan membantu Anda memperpanjang umur tangki Anda secara maksimal.


Penting untuk diketahui bahwa dari produksi tangki, melalui instalasi, ia diproduksi secara ahli dengan semua gasket dan perlengkapan yang tepat. Setelah pemasangan tangki, penting untuk memeriksanya secara teratur untuk mencari masalah yang dapat menyebabkan kegagalan tangki.


Mari kita berjalan melalui setiap fase dan melihat apa yang harus Anda pertimbangkan untuk menilai kinerja tangki polietilen Anda dengan tepat.


Tahap produksi


Pertama dan yang terpenting, tentukan bahan kimia yang akan Anda simpan saat memesan tangki. Tangki dirancang dan diproduksi berdasarkan bahan kimia, jadi penting untuk mengetahui apakah masa pakai tangki kimia Anda dapat diperpanjang dengan lapisan antioksidan atau dinding tangki yang lebih tebal berdasarkan berat jenis bahan kimia.


Selain itu, bahan kimia yang Anda simpan akan menentukan jenis gasket dan perlengkapan yang digunakan pada sistem tangki. Berpikir ke depan dengan cara ini membuat umur tangki yang lebih berguna. Penting juga bahwa bahan yang digunakan untuk memproduksi tangki Anda diuji sebelum digunakan.



Tahap pemasangan


Setelah pemasangan, hal penting selanjutnya adalah memiliki pondasi yang halus, rata dan bersih. Satu sekrup atau baut yang kurang tepat dapat memengaruhi masa pakai tangki secara signifikan, karena dapat merusak dinding samping atau lantai tangki.


Alat kelengkapan dan pipa penghubung yang dipasang di sepertiga bagian bawah dinding samping harus memiliki koneksi yang fleksibel dengan laju pegas yang benar untuk tangki kimia plastik. Hal ini tentu dapat mengurangi pemuatan nosel, memungkinkan tangki mengembang dan berkontraksi, dan melindungi tangki dari getaran pompa.


Memiliki konektor fleksibel di dinding samping bawah penting untuk masa pakai dan kinerja tangki polietilen Anda. Jika konektor tidak fleksibel, mereka tidak dapat bergerak dengan tangki, menciptakan titik engsel yang dapat menyebabkan kegagalan tangki prematur.


Akhirnya, sangat penting untuk memastikan bahwa tangki berventilasi baik. Apakah tangki diisi secara mekanis atau pneumatik, ada pedoman ventilasi yang menyatakan persyaratan ventilasi minimum untuk tangki dan metode pengisian yang berbeda. Jika tangki kurang berventilasi, hal itu dapat menyebabkan kegagalan mekanis dari tekanan berlebih.


Tidak perlu dikatakan bahwa membaca panduan instalasi dan daftar periksa yang sesuai yang terkandung di dalamnya akan sepadan dengan waktu.



Tahap inspeksi tangki HDPE


Flootank merekomendasikan untuk memeriksa tangki Anda setidaknya sekali per tahun. Bahkan tangki HDPE yang relatif baru harus menerima inspeksi visual yang rutin dan hati-hati. Kami menawarkan daftar periksa inspeksi yang merupakan awal yang baik untuk memeriksa tangki Anda.


Pedoman inspeksi ini harus diikuti setidaknya setiap tahun untuk memastikan keselamatan personel dan pelestarian tangki dan bahan kimia yang disimpan. Tangki harus diganti jika menampilkan retak tegangan, kegilaan, atau embrittlement.


Berikut adalah ikhtisar tingkat tinggi dari daftar periksa inspeksi. Lihat dokumen lengkap untuk memastikan pemeriksaan Anda selesai.

  • Kosongkan tangki. Menetralkan bahan kimia yang tersisa. Bersihkan bagian luar dan interior tangki secara menyeluruh. Tangki kotor tidak dapat diperiksa dengan benar.

  • Periksa eksterior dan interior tangki untuk penampilan retak, gila dan rapuh.

  • Berikan perhatian khusus pada area di sekitar alat kelengkapan dan di mana bagian tangki yang berbeda bertemu satu sama lain. Dengan kata lain, berikan perhatian khusus pada "sudut" di mana dinding samping dan kubah bertemu dan di mana dinding samping dan bawah bertemu.

  • Jika entri ruang terbatas tidak memungkinkan, gunakan sumber cahaya terang untuk memeriksa interior tangki dari lubang manway. Pemeriksaan interior sangat penting karena retakan tegangan biasanya muncul di bagian dalam tangki sebelum muncul di luar.

  • Jangan lupa untuk memeriksa area tangki yang tidak pernah benar-benar bersentuhan dengan bahan kimia yang disimpan. Dengan bahan kimia pemancar asap, oksidasi dan embrittlement kubah yang dihasilkan dapat terjadi tanpa kontak aktual dengan bahan kimia tersebut.

  • Periksa alat kelengkapan, selang sambungan fleksibel, dan gasket untuk kebocoran dan tanda-tanda korosi umum atau kerusakan.

  • Periksa ventilasi dan scrubber asap untuk memastikan ventilasi yang memadai untuk tekanan dan vakum. Pastikan ujung pipa scrubber tidak pernah terendam dalam lebih dari 6 inci cairan.

  • Konfirmasikan bahwa pengisian tangki dari truk tangki tidak menyebabkan tekanan berlebih dan tidak berakhir dengan pembersihan garis yang "menggelembungkan" tangki.

  • Konfirmasikan penahanan sekunder sesuai untuk bahan kimia yang disimpan, ukurannya memadai, dan dalam perbaikan yang baik.

Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam mengevaluasi kinerja tangki HDPE adalah memilih produsen tangki yang dapat dipercaya. Produsen tangki kimia HDPE yang baik akan memastikan bahwa bahan yang digunakan untuk membuat tangki menggunakan material berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Selain itu, produsen yang handal juga akan menjamin bahwa tangki yang diproduksi telah melalui proses produksi yang ketat dan sesuai dengan standar kualitas yang tinggi.


Dengan memilih produsen tangki yang dapat dipercaya dan melakukan perawatan dan pemeliharaan yang baik, Anda dapat memastikan bahwa tangki kimia Anda akan memiliki kinerja yang optimal dan aman untuk penyimpanan bahan kimia.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dosing tank dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami di sini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.



24 views0 comments

Comments


bottom of page