top of page

3 Tips Menyimpan Bahan Polimer



Apakah Anda menggunakan produk berbahan polimer? Pernahkah terlintas dalam benak Anda untuk menggunakan bahan polimer untuk tangki penyimpanan? Lalu, apa tantangan tangki penyimpanan berbahan polimer? Untuk menjawab itu semua, mari kita bahas bersama-sama dalam artikel ini!


Polimer adalah bahan yang sangat penting dan sering digunakan dalam berbagai aplikasi industri. Polimer adalah material sintetis yang terdiri dari rantai panjang monomer, yaitu unit terkecil yang membentuk polimer. Polimer dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti plastik, karet, serat, dan bahan lainnya.


Polimer juga sering kali digunakan oleh industri untuk mengolah air limbahnya. Bahan ini memfasilitasi flokulasi atau koagulasi padatan dalam air limbah untuk menghasilkan dadih besar bahan padat. Polimer juga membantu dalam pengeringan kue digester - mengurangi kadar air untuk membuatnya lebih mudah dan lebih murah untuk mengangkut bahan limbah ke TPA.


Polimer adalah agen pemecah tegangan lingkungan yang sangat kental, yang berarti mereka menghadirkan tantangan penyimpanan yang membutuhkan solusi penyimpanan yang tepat untuk keamanan yang memadai dan efektivitas biaya. Mari kita jelajahi tantangan dan solusi ini!



Tantangan Penyimpanan Polimer


Polimer kationik dan anionik memiliki berat molekul tinggi. Bahan kimia berat menciptakan tekanan internal dan tekanan lingkaran, yang dapat menyebabkan kerusakan pada dinding tangki penyimpanan. Jika tangki penyimpanan bahan kimia Anda tidak dirancang dengan benar untuk polimer. Sistem penyimpanan polimer Anda akan membutuhkan bahan yang kuat untuk menahan tekanan beban statis di sepertiga bagian bawah tangki penyimpanan.

Karena berat molekulnya yang tinggi, polimer sangat licin. Mereka dapat menimbulkan bahaya keselamatan jika tangki penyimpanan Anda mengalami kebocoran yang tumpah ke lantai atau dek jalan setapak.


Polimer juga bisa menjadi agen pemecah stres. Bahan kimia diproduksi pada suhu tinggi dan dapat dikirim ke fasilitas Anda sebelum mendingin sepenuhnya. Panas dapat membahayakan kekuatan dinding tangki, secara signifikan mengurangi masa pakai sistem penyimpanan polimer Anda dan menciptakan peluang untuk retak dan bocor.


Polimer dapat dikirim "rapi," atau terkonsentrasi, tetapi mereka mungkin memerlukan pencampuran. Jika demikian, tangki penyimpanan bahan kimia Anda perlu dirancang dan direkayasa untuk memenuhi tantangan unik yang diperkenalkan oleh pencampuran.


Kami merangkum 5 poin tantangan yang sering dihadapi oleh penyimpanan bahan polimer sebagai berikut:


1. Kemudahan Meleleh

Polimer dapat meleleh jika dipaparkan pada suhu tinggi selama waktu yang lama, sehingga menimbulkan masalah pada proses penyimpanan dan pengiriman.


2. Kemampuan Difusi

Beberapa bahan polimer memiliki sifat difusi yang tinggi, sehingga dapat mengalami migrasi dan mengendap pada permukaan bahan polimer lainnya.


3. Pembentukan Lapisan

Polimer dapat membentuk lapisan pada permukaan bahan polimer lainnya, menyebabkan masalah pada proses pengolahan dan penyimpanan.


4. Kerusakan Fisik

Polimer dapat mengalami kerusakan fisik seperti retak, pecah, dan lainnya, yang dapat mempengaruhi kualitas produk.


5. Reaksi Kimia

Polimer dapat terpengaruh oleh perubahan lingkungan seperti suhu, udara, dan sinar matahari, yang dapat menyebabkan perubahan kimia pada polimer dan mempengaruhi kualitas produk.



Tips Penyimpanan Polimer


Untuk mengatasi tantangan-tantangan di atas, sangat penting untuk memperhatikan faktor-faktor seperti suhu, udara, dan sinar matahari dalam proses penyimpanan, serta menggunakan bahan penahan dan metode penyimpanan yang tepat. Penggunaan tangki penyimpanan yang tepat juga penting untuk memastikan bahwa polimer tidak terpapar pada lingkungan yang tidak sesuai, sehingga menjamin kualitas dan integritas produk.

Pastikan solusi penyimpanan Anda memenuhi standar berikut.


Tangki Kimia HDPE untuk Water Treatment Process
Tangki Kimia HDPE untuk Water Treatment Process

1. Kekuatan tangki yang unggul

High-density polyethylene (HDPE) menawarkan kekuatan superior dengan keunggulan biaya jangka panjang untuk menyimpan polimer berat. Tangki HDPE kustom kami sering memberikan layanan 15-20 tahun dalam aplikasi ini.


2. Desain Kustom

Tangki atas terbuka tersedia dalam berbagai ukuran. Tangki dapat sangat disesuaikan untuk mengakomodasi mixer dalam operasi Anda.


3. Korosi minimal

Berbeda dengan baja atau fiberglass, tangki kimia Flootank menawarkan solusi penyimpanan yang hemat biaya, tahan lama, dan berkekuatan tinggi yang tahan korosi.


Itu dia sekilas mengenai polimer dan tantangan tangki penyimpanan berbahan polimer. Bahan kimia polimer memang menghadirkan tantangan unik yang membutuhkan solusi penyimpanan khusus. Pastikan bahwa sistem penyimpanan Anda dirancang dan dibangun dengan benar untuk memenuhi tantangan ini.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, tangki mixer atau dosing tank dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


74 views0 comments

Comments


bottom of page