top of page

Tangki Kimia untuk Industri Pembangkit Listrik


Tangki Kimia HDPE

Apakah Anda bekerja di industri pembangkit listrik? Jika iya, pasti sudah tahu betapa pentingnya tangki penyimpanan kimia untuk proses produksi Anda. Tangki kimia yang tepat akan memastikan bahan kimia disimpan dengan aman dan efisien, sehingga meminimalkan risiko kebocoran, kerusakan, dan gangguan pada jadwal produksi Anda.


Industri pembangkit listrik bergantung pada bahan kimia dalam kegiatannya memproses energi dengan maksimal. Salah satu daerah paling vital yang harus diperhatikan adalah dalam proses pendinginan dan pengolahan air boiler, karena jika ada yang bermasalah di daerah ini, pasti langsung berdampak buruk pada operasi seluruh pembangkit listrik. Maka dari itu, tangki penyimpanan bahan kimia adalah salah satu sistem paling utama dan wajib diperhatikan. Jika ada sesuatu yang tidak beres dengan tangki, bisa bikin seluruh produksi pembangkit mati. Jadi, benar-benar penting buat mengetahui jenis tangki penyimpanan kimia yang tepat buat operasi Anda.


Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis tangki kimia yang tersedia dan kriteria apa yang harus Anda pertimbangkan saat memilih tangki kimia untuk industri pembangkit listrik Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk keberhasilan produksi dan keselamatan karyawan Anda.


Bahan kimia yang digunakan dalam pembangkit listrik


Saat membuat listrik, ada banyak bahan kimia yang dibutuhkan untuk memastikan segalanya berjalan dengan baik. Beberapa bahan kimia yang penting digunakan untuk mengatur pH dan netralisasi, seperti asam sulfat, asam klorida, dan soda kaustik. Ada juga bahan kimia yang digunakan untuk membantu menghilangkan partikel-padat dari air limbah, seperti besi klorida. Kadang-kadang, pembuangan limbah dapat menghasilkan bau yang tidak sedap, dan untuk itu digunakan bahan kimia untuk mengendalikan bau tersebut. Bahan kimia lain seperti asam sitrat atau asam format digunakan untuk membersihkan peralatan listrik yang terkena kerak dan endapan. Jadi, bahan kimia memainkan peran penting dalam membuat listrik dengan aman dan efisien.

Anda bisa lihat uraian singkatnya sebagai berikut:

  1. Caustic soda digunakan untuk netralisasi, penyesuaian pH, dan penukar ion regenerasi.

  2. Asam sulfat dan Asam klorida digunakan untuk dekarbonisasi dan penyesuaian pH.

  3. Ferric chloride digunakan untuk flokulasi dan pengolahan air limbah.

  4. Asam sitrat dan Asam format digunakan sebagai agen pembersih.

Semua bahan kimia tersebut sangat diperlukan untuk menjaga pembangkit listrik beroperasi dengan lancar dan efisien.

Mari kita lihat sekilas bagaimana bahan kimia ini digunakan di pembangkit listrik.


Netralisasi

Selama proses ini, asam sulfat, asam klorida, atau bahan kimia dasar seperti soda kaustik, dapat ditambahkan ke air untuk mencapai keseimbangan pH.


Menghapus partikel padat

Untuk memfasilitasi penghapusan partikel padat di dalam air limbah, bahan kimia seperti besi klorida digunakan untuk menghasilkan muatan positif untuk menetralkan partikel padat bermuatan negatif.


Kontrol bau

Tidak mengherankan, pengumpulan dan pengolahan air limbah industri menghasilkan beberapa bau yang tidak menyenangkan, dan bahan kimia digunakan untuk mengendalikan bau tersebut di fasilitas pengolahan.


Pembersihan kimia

Ketika endapan menumpuk di peralatan pembangkit listrik, pelarut seperti asam sitrat atau asam format sering digunakan untuk memecah dan menghilangkan kerak dari boiler. Penyimpanan bahan kimia yang andal bergantung pada beberapa faktor–industri Anda, ukuran bisnis Anda, dan peraturan pemerintah. Flootank dapat memberikan solusi penyimpanan bahan kimia khusus agar sesuai dengan kebutuhan pembangkit listrik Anda. Keuntungan dari sistem penyimpanan bahan kimia termoplastik untuk menyimpan bahan kimia yang keras dan korosif. Tangki penyimpanan termoplastik seperti High-Density Polyethylene dan Polypropylene meminimalkan perawatan dan perbaikan yang mahal dan mengurangi risiko kegagalan tangki bencana. Selama masa manfaat tangki, mereka bisa jauh lebih murah daripada tangki FRP secara jangka panjang.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir steel coating HDPE Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


81 views0 comments

Comments


bottom of page