top of page

Solusi Penyimpanan Bahan Kimia Industri


Tangki Kimia HDPE Custom

Bagi industri yang menggunakan bahan kimia, penyimpanan yang aman dan terpercaya tentunya menjadi prioritas utama. Pasalnya, bahan kimia memiliki sifat yang berbahaya dan jika tidak disimpan dengan benar, dapat menyebabkan kerusakan dan bahkan kecelakaan yang berbahaya.


Nah, berbicara mengenai solusi penyimpanan bahan kimia industri, pasti banyak yang bertanya-tanya, apa sih solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat dipercaya? Tenang saja, di artikel ini kita akan membahas secara lebih lanjut tentang solusi penyimpanan bahan kimia industri yang dapat dipercaya dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Jangan lewatkan informasi penting yang akan kita bahas di artikel ini, yuk kita cek bersama-sama!


Sebelum ke situ, kita kenali terlebih dahulu tiga bahan kimia yang paling umum diproduksi dan digunakan. Semua bahan kimia ini diproduksi lebih dari 100 juta metrik ton per tahun.


Asam sulfat (H2SO4)

Asam sulfat menduduki puncak daftar sebagai bahan kimia produksi nomor satu di seluruh dunia. Asam sulfat paling sering digunakan dalam produksi pupuk. Ini juga digunakan dalam produk lain, termasuk deterjen, baterai mobil, pewarna dan pigmen, dan obat-obatan.

Selama proses pembuatan, asam sulfat dapat digunakan:

  • Dalam pembuatan rayon dan nitrogliserin

  • Menghilangkan kotoran selama penyulingan minyak bumi

  • Menghilangkan oksida logam sebelum elektroplating dan galvanisasi logam

  • Menghilangkan air selama reaksi kimia tertentu

  • Mencegah pembentukan skala berbasis kalsium pada permukaan kondensor dan tabung penukar panas

Asam sulfat sangat korosif, menjadikannya tantangan bagi hampir semua tangki kimia untuk disimpan dengan aman. Sistem penyimpanan Anda harus dapat secara efektif menangani tiga faktor penting: korosif asam, beratnya, dan konsentrasinya.


Asam Fosfat (H3PO4)


Sekitar tiga perempat dari asam fosfat yang diproduksi di seluruh dunia digunakan dalam produksi pupuk fosfat sintetis. Ini juga digunakan dalam pengolahan air dan sebagai aditif makanan dan penghilang karat.


Asam fosfat harus dikirim pada suhu tinggi untuk menjaga bahan kimia agar tidak terpisah. Suhu yang lebih hangat menyebabkan tangki penyimpanan mengembang, menciptakan tekanan tambahan pada dinding tangki. Setelah bahan kimia mulai terpisah, lumpur dapat terbentuk di bagian bawah tangki penyimpanan.


Sistem tangki Flootank adalah pilihan tepat untuk menyimpan asam fosfat dan memberikan pengalaman pengurasan penuh untuk memastikan bahwa lumpur dikosongkan dari tangki.


Natrium Hidroksida (NaOH)


Ketika basis yang kuat diperlukan dalam industri, natrium hidroksida adalah pilihan utama. Medium kimia ini memiliki berbagai macam kegunaan seperti membuat kertas, pengolahan air, obat-obatan dan bahkan digunakan dalam persiapan makanan. Natrium hidroksida dapat ditemukan di banyak barang rumah tangga seperti pembersih saluran pembuangan, detergen, dan sabun mandi.


Sementara bahan kimia ini banyak digunakan, sifat korosifnya menghadirkan tantangan penyimpanan dan penanganan khusus. Sistem penyimpanan Anda harus dirancang untuk menjaga suhu di atas 15 derajat C.



Solusi penyimpanan bahan kimia industri


Ada beberapa solusi penyimpanan bahan kimia industri yang dapat dipercaya dan sesuai dengan kebutuhan, di antaranya:


1. Kabinet penyimpanan bahan kimia


Kabinet penyimpanan bahan kimia adalah wadah khusus yang dirancang untuk menyimpan bahan kimia dengan aman dan mengurangi risiko kecelakaan atau bahaya yang mungkin ditimbulkan. Kabinet ini dapat dibuat dari bahan yang tahan api, tahan terhadap korosi, dan tahan terhadap reaksi kimia dari bahan kimia yang disimpan di dalamnya.


Kabinet ini tersedia dalam berbagai ukuran, tipe, dan bahan, dan biasanya dilengkapi dengan sistem ventilasi dan sistem penguncian untuk menjaga keamanan. Umumnya, kabinet ini digunakan di berbagai lingkungan, seperti laboratorium, rumah sakit, dan pabrik untuk menyimpan bahan kimia yang berbahaya atau mudah terbakar. Kabinet penyimpanan bahan kimia dapat membantu menyimpan bahan kimia secara terpisah dan aman, dengan dilengkapi fasilitas seperti pengunci, alarm dan venting system.


Kabinet penyimpanan bahan kimia merupakan salah satu solusi penting dalam penyimpanan bahan kimia yang aman dan dipercaya di lingkungan industri dan penelitian.


2. TANGKI penyimpanan bahan kimia


Tangki penyimpanan bahan kimia biasanya terbuat dari bahan yang tahan korosi dan dapat menampung bahan kimia dalam jumlah yang besar.


3. Area penyimpanan bahan kimia


Area penyimpanan bahan kimia di pabrik atau gudang juga dapat dirancang dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan pengelolaan limbah. Hal tersebut memerlukan pemahaman yang mendalam tentang jenis bahan kimia yang disimpan dan karakteristiknya.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam merancang area penyimpanan bahan kimia yang aman, antara lain: lokasi dan kondisi area penyimpanan, pemilihan dan desain penyimpanan, sistem pengendalian kebocoran, dan penanganan serta pengelolaan limbah.


4. Sistem manajemen bahan kimia


Sistem manajemen bahan kimia seperti pengaturan stok dan penempatan bahan kimia yang tepat, juga merupakan solusi yang dapat dipercaya dan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memiliki pengawasan yang lebih baik terhadap bahan kimia yang dimiliki.


Dengan melakukan pengaturan stok, perusahaan dapat menghindari terjadinya kekurangan atau kelebihan stok bahan kimia, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan meminimalisir biaya pengeluaran yang tidak perlu.


Penempatan bahan kimia yang tepat di lokasi yang sudah ditentukan juga akan membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dan kerusakan di lingkungan kerja, sehingga meningkatkan keselamatan dan kesehatan para pekerja.


5. Penyimpanan bahan kimia outdoor


Bagi perusahaan yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, penyimpanan bahan kimia outdoor dapat dijadikan alternatif, dengan dilengkapi perlengkapan dan sistem keamanan yang memadai.


Pemilihan solusi penyimpanan bahan kimia industri yang tepat akan membantu meningkatkan efisiensi dan keamanan di lingkungan kerja, serta meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan dan kerusakan.


Flootank memainkan peran besar dalam penggunaan dan manufaktur tangki bahan kimia. Kami bekerja dengan banyak industri, pemasok bahan kimia, dan produsen untuk memastikan tangki yang digunakan untuk aplikasi spesifik mereka seaman mungkin bagi personel serta lingkungan.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.




83 views0 comments
bottom of page