top of page

Risiko Bahaya Penyimpanan Sulfuric Acid dalam Tangki Kimia Non-HDPE


Tangki Kimia HDPE cocok untuk menampung Sulfuric Acid
Tangki Kimia HDPE

Pendahuluan:


Sulfuric acid adalah senyawa kimia yang sangat korosif dan umumnya digunakan dalam berbagai industri, termasuk pengolahan logam, pembuatan pupuk, dan sektor kimia. Keamanan dalam penyimpanan dan penanganan sulfuric acid menjadi sangat penting, dan pemilihan tangki kimia yang sesuai adalah faktor kunci untuk mengurangi risiko potensial. Artikel ini membahas bahaya dari menampung sulfuric acid dalam tangki kimia yang bukan terbuat dari High-Density Polyethylene (HDPE).


Bahaya Tangki Kimia Non-HDPE untuk Sulfuric Acid:


Korosi dan Degradasi Material: Sulfuric acid memiliki sifat korosif yang sangat tinggi, dan tangki yang tidak terbuat dari HDPE dapat mengalami korosi atau degradasi material. Ini dapat menyebabkan kebocoran, merusak tangki, dan mencemari sulfuric acid dengan partikel atau zat tambahan yang dapat mengurangi kualitas dan efektivitasnya.


Leaching Bahan Berbahaya: 

Tangki non-HDPE mungkin rentan terhadap proses leaching, yaitu pelepasan bahan kimia dari material tangki ke dalam sulfuric acid. Zat berbahaya yang terlepas dapat menyebabkan kontaminasi dan dapat mengubah sifat kimia sulfuric acid, mengurangi kemampuannya untuk melakukan fungsi yang diinginkan.


Risiko Kebocoran dan Tumpahan: 

Tangki kimia yang tidak dirancang untuk menahan sulfuric acid mungkin kurang tahan terhadap korosinya, meningkatkan risiko kebocoran atau tumpahan. Kebocoran dari tangki dapat menciptakan situasi berbahaya, baik untuk lingkungan maupun untuk kesehatan pekerja yang terlibat dalam penanganan bahan kimia tersebut.


Kestabilan dan Perubahan Konsentrasi: 

Tangki yang tidak sesuai mungkin tidak memberikan kestabilan yang diperlukan untuk menyimpan sulfuric acid dengan aman. Kestabilan yang buruk dapat mengakibatkan perubahan konsentrasi sulfuric acid, yang dapat mempengaruhi efektivitas dan keamanannya dalam aplikasi tertentu.


Dampak Lingkungan dan Kesehatan: 

Pencemaran lingkungan akibat tumpahan atau kebocoran sulfuric acid dapat memiliki dampak yang serius terhadap ekosistem dan kesehatan manusia. Asap dan uap yang dilepaskan dari sulfuric acid juga dapat membahayakan lingkungan sekitar.


Kesimpulan:


Keamanan penyimpanan sulfuric acid merupakan prioritas utama dalam operasi industri dan fasilitas kimia. Pemilihan tangki kimia yang tepat, khususnya yang terbuat dari HDPE, adalah langkah penting untuk mengurangi risiko bahaya yang terkait dengan korosi, leaching, kebocoran, dan perubahan konsentrasi. Pemilik dan operator fasilitas industri perlu memahami pentingnya mematuhi pedoman keamanan dan standar industri dalam pemilihan dan pemeliharaan tangki kimia untuk mencegah potensi risiko terhadap kesehatan manusia, lingkungan, dan infrastruktur.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


11 views0 comments

Comments


bottom of page