top of page

Perbandingan Biaya Total Pemilikan (TCO) antara Tangki HDPE dan Tangki FRP: Mengapa HDPE Lebih Menguntungkan secara Finansial


Tangki HDPE memiliki ketahanan kimia dan kemudahan perawatan yang lebih baik dibandingkanTangki FRP
Tangki HDPE dan Tangki FRP

Dalam industri penyimpanan cairan, pemilihan tangki yang tepat tidak hanya berdasarkan biaya awal pembelian, tetapi juga biaya total pemilikan (TCO) selama umur pelayanan tangki. Tangki HDPE (High-Density Polyethylene) telah menjadi pilihan yang populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan alasan utama karena TCO yang lebih rendah dibandingkan dengan alternatif seperti tangki FRP (Fiber Reinforced Plastic). Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi mengapa tangki HDPE menawarkan TCO yang lebih rendah dan mengapa menjadi pilihan yang lebih menguntungkan secara finansial.


1. Biaya Transportasi dan Pemasangan yang Lebih Rendah

HDPE memiliki keuntungan dalam hal berat yang lebih ringan dan kemudahan dalam proses pemasangan. Hal ini mengurangi biaya transportasi dan biaya pemasangan secara keseluruhan. Proses pemasangan yang lebih sederhana juga berarti waktu yang lebih sedikit yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek, yang pada gilirannya mengurangi biaya tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi.


2. Biaya Operasional yang Terjangkau

Tangki HDPE juga menawarkan biaya operasional yang lebih terjangkau selama umur pelayanan. Karena sifatnya yang tahan terhadap korosi dan bahan kimia agresif, HDPE tidak memerlukan perawatan tambahan atau pengeluaran rutin untuk melindungi permukaan tangki. Ini mengurangi biaya operasional seiring waktu, membebaskan pemilik proyek dari biaya tambahan yang sering terjadi pada tangki FRP yang memerlukan pelapisan ulang atau perawatan permukaan rutin.



3. Perawatan dan Pemeliharaan yang Minim

Tangki HDPE memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang minim selama umur pelayanan. HDPE tahan terhadap korosi dan tidak rentan terhadap pembusukan, sehingga tidak memerlukan perawatan tambahan seperti yang sering terjadi pada tangki FRP. Dengan perawatan yang minim, pemilik proyek dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang terkait dengan pemeliharaan tangki.


4. Umur Pelayanan yang Panjang dan Daur Ulang

Tangki HDPE memiliki umur pelayanan yang panjang dan dapat didaur ulang setelah digunakan. Ini berarti tangki HDPE dapat digunakan lebih lama sebelum memerlukan penggantian, menghasilkan penghematan yang signifikan dalam jangka panjang. Selain itu, kemampuan untuk didaur ulang juga membantu mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan keberlanjutan.


Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, tidak dapat disangkal bahwa tangki HDPE menawarkan TCO yang lebih rendah dibandingkan dengan tangki FRP. Meskipun biaya awal relative lebih tinggi dari FRP namun efisiensi biaya operasional yang lebih terjangkau, perawatan yang minim, dan umur pelayanan yang panjang membuat tangki HDPE menjadi investasi yang lebih menguntungkan secara finansial bagi pemilik proyek. Dalam mengambil keputusan tentang solusi penyimpanan cairan, pemahaman tentang TCO adalah kunci untuk mencapai efisiensi dan produktivitas yang optimal.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.

8 views0 comments

Comments


bottom of page