top of page

Panduan Memilih dan Menyimpan Surfactant: Tangki yang Tepat untuk Keberhasilan Proses


Tangki Kimia HDPE
Tangki Kimia HDPE

Surfactant, atau agen permukaan, memiliki peran vital dalam berbagai industri, termasuk petrokimia, farmasi, dan industri pembersih. Untuk menyimpan surfactant dengan efektif dan menjaga keberhasilan proses, pemilihan tangki yang tepat sangat penting. Artikel ini akan membahas cara yang tepat dan pilihan tangki yang sesuai untuk menampung surfactant.


Pemilihan Tangki yang Tepat untuk Surfactant:


1. Material Tangki:


  • Stainless Steel: 


  • Polyethylene (PE) atau Polypropylene (PP): 


  • Fiberglass Reinforced Plastic (FRP):


2. Kapasitas Tangki:


Tentukan kapasitas tangki berdasarkan volume surfactant yang diperlukan. Pastikan untuk memberikan cadangan kapasitas yang memadai untuk pertumbuhan produksi di masa depan.


3. Struktur dan Desain:


Pilih desain tangki yang meminimalkan kontaminasi dan pengendapan surfactant. Desain dengan aliran yang baik dan mudah dibersihkan akan meningkatkan efisiensi.


4. Ketahanan terhadap Suhu dan Tekanan:

Pastikan tangki dapat menangani variasi suhu dan tekanan yang mungkin terjadi selama penyimpanan dan penggunaan surfactant.


5. Aksesibilitas untuk Pemeliharaan:

Pilih tangki yang mudah diakses untuk pemeliharaan rutin, inspeksi, dan pembersihan. Ini mendukung keberlanjutan operasional dan kualitas surfactant.


6. Cara yang Tepat dalam Menyimpan Surfactant:


  • Kendalikan Suhu Penyimpanan:


  • Pemantauan dan Kontrol Kualitas:


  • Pelabelan yang Jelas:


  • Sistem Pengisian dan Pengosongan yang Aman:


  • Kendalikan Kontaminasi:


  • Pelatihan Karyawan:


Memilih dan menyimpan surfactant dengan benar adalah langkah kritis dalam mendukung efektivitas dan keberlanjutan proses industri. Dengan memahami karakteristik surfactant dan memilih tangki yang sesuai, perusahaan dapat menjaga integritas dan kualitas surfactant, serta meningkatkan keamanan dan efisiensi operasionalnya.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.

2 views0 comments
bottom of page