Panduan Memilih Bentuk Alas Tangki Mixer

Updated: Jun 13




Dalam kegiatan pengolahan cair modern saat ini Tangki mixer adalah salah satu tulang punggung aset yang penting. Untuk itu mendesign bentuk alas tangki pencampur merupakan hal yang krusial karena ini akan menentukan tingkat efektitas output dari Tangki Mixer Anda.


Sebagai gambaran, bayangkan Anda sedang mencampur dua zat dalam gelas dengan sendok. Bentuk gelas pastinya akan menentukan jangkauan gerak tangan kita dan efektivitas pencampuran nya. Analogi tadi berlaku untuk Tangki Mixer yang seperti hal nya gelas besar dengan variasi bentuk dasar yang berbeda. Mari kita bahas satu persatu.


Alas Lingkar :

Tangki Mixer rounded bottom memiliki alas yang membulat. Bentuk rounded bottom ini menawarkan kekakuan dan kekuatan selain itu Alas Lingkar (Rounded bottom) juga secara umum menawarkan aliran fluida yang baik. Bagian bawah tangki mixer yang membulat tentunya membantu pengurasan cairan dan memberikan kinerja suspensi padatan yang jauh lebih baik daripada alas datar. Kesimpulannya, tangki mixer dengan bentuk alas lingkar memiliki kelebihan pada kekakuan, kekuatan, pola aliran aksial dan drainase zat cair.

Namun disamping Keunggulan tersebut, bentuk ini memiliki beberapa hal yang harus dicermati karena secara umum design ini dapat meningkatkan ukuran tangki oleh karenanya mempengaruhi biaya fabrikasi tangki mixer yang lebih tinggi.


Alas Kerucut :

Jenis lainnya adalah tangki mixer dengan alas kerucut. Alas kerucut saat ini sangat umum digunakan dibanyak industri alas ini mampu memberikan drainase yang sangat baik.

Tangki pencampur dengan alas kerucut memiliki geometri yang ideal untuk mengalirkan larutan dengan kandungan padat tinggi namun yang perlu dicermati, tangki mixer dengan bentuk alas kerucut dapat menyebabkan pelapisan, aliran radial, dan gradien panas suspensi jika konsentrasi padatan lebih dari 5%. Ini berarti menimbulkan kemungkinan terjadinya pemisahan antara zat cair dan padat di dasar kerucut tangki mixer.


Alas Miring :

Tangki mixer dengan alas yang miring juga salah satu opsi. Dengan desain alas seperti ini mengakses bagian bawah tangki bisa lebih mudah tentunya dan ideal untuk tangki dengan peletakan drainase di bagian bawah. Jenis alas sepert ini memberikan kinerja pengeringan yang juga sangat baik tanpa meningkatkan ukuran tangki dibandingkan dengan alas kerucut. Namun yang perlu dicermati adalah ketika design miring ini memiliki sudut elevasi yang tinggi maka mencapai persentase suspensi padatan yang sempurna di tangki pencampur akan lebih sulit. Oleh karena itu untuk Alas miri memilih desain bearing dan shaft yang tepat menjadi sangat krusial.


Alas Rata :

Mungkin ini adalah bentuk Alas yang sudah paling lama dipilih sejak jaman dahulu. Bentuk alas rata ini memang lebih ramah biaya dibandingkan dengan desain alas lainnya. Alas rata ini digunakan secara luas dan tidak mempengaruhi kinerja pencampuran secara keseluruhan secara negatif. Karena tangki mixer bagian bawah datar dirancang lebih pendek dibandingkan dengan desain lainnya (lebih rendah), mereka juga membutuhkan poros yang lebih pendek. Selain keuntungan ekonomi, tangki mixer dengan alas datar memiliki bentuk netral untuk suspensi padatan dan pergerakan cairan. Namun yang perlu dicermati drainase pada alas datar ini tidak sebaik pada desain dasar tangki mixer lainnya. Oleh karenanya, jika viskositas zat cair relatif tinggi, Anda tidak dapat mengharapkan drainase larutan yang terbaik tentunya.


Sebagai kesimpulan, desain dasar tangki tergantung pada berbagai faktor yang kami jelaskan diatas. Kesimpulannya tidak mungkin dapat kita katakan ada satu desain yang paling unggul diantara yang lain, ini sangat bergantung pada kebutuhan Anda sehingga design alas dapat menyesuaikan untuk mendapat hasil yang paling optimal.

Sebagai produsen tangki mixer thermoplastic yang telah memiliki pengalaman cukup panjang, Engineer kami hanya akan merekomendasikan desain alas tangki yang tepat untuk kebutuhan spesifik Anda. Pengalaman memainkan peran penting ketika memutuskan tangki mixer yang tepat dan disinilah Flootank hadir untuk Anda.


Hubungi enquiry@flootank untuk mendapatkan konsultasi teknis atas kebutuhan Anda.

29 views0 comments