top of page

Mudahnya Merawat Tangki Kimia Polypropylene


Tangki Kimia Polypropylene
Tangki Kimia Polypropylene

Tangki kimia adalah komponen penting dalam berbagai industri, digunakan untuk menyimpan, mengangkut, dan mengolah berbagai jenis bahan kimia. Dalam konteks ini, kita akan membahas bagaimana merawat tangki kimia yang terbuat dari polypropylene, serta mengapa polypropylene menjadi pilihan yang unggul dibandingkan dengan tangki kimia berbahan FRP (Fiber Reinforced Plastic).


Keunggulan Polypropylene dalam Tangki Kimia

Sebelum membahas cara merawat tangki kimia polypropylene, penting untuk memahami mengapa polypropylene dipilih sebagai bahan tangki kimia. Polypropylene adalah plastik polimer yang memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya cocok untuk lingkungan kimia. Berikut adalah beberapa keunggulan utama:

Kekuatan Kimia Tinggi:


Polypropylene memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap sebagian besar bahan kimia agresif, termasuk asam, basa, dan pelarut organik. Ini menjadikannya pilihan ideal untuk tangki yang akan digunakan dalam proses kimia.

Tahan Terhadap Korosi:


Polypropylene tahan terhadap korosi, bahkan dalam lingkungan yang sangat korosif. Ini berarti tangki polypropylene memiliki umur pakai yang panjang dan memerlukan sedikit perawatan perbaikan.

Ringan dan Mudah Dalam Pemasangan:


Polypropylene lebih ringan daripada FRP dan beberapa bahan lainnya, membuatnya lebih mudah dipasang dan dipindahkan jika diperlukan.

Tidak Mudah Berubah Warna:


Polypropylene memiliki ketahanan terhadap perubahan warna dan tidak akan memengaruhi kualitas atau kebersihan bahan kimia yang disimpan di dalamnya.

Tahan Terhadap Suhu Tinggi:


Polypropylene dapat menahan suhu tinggi tanpa terdeformasi atau rusak, membuatnya cocok untuk aplikasi yang memerlukan suhu tinggi.


Cara Merawat Tangki Kimia Polypropylene


Merawat tangki kimia polypropylene relatif mudah dan memerlukan sedikit perhatian rutin. Berikut adalah beberapa panduan untuk merawat tangki kimia polypropylene:

Pembersihan Berkala:


Tangki kimia polypropylene harus dibersihkan secara berkala untuk menghilangkan residu kimia yang mungkin menumpuk di dalamnya. Gunakan bahan pembersih yang sesuai dengan jenis bahan kimia yang digunakan dalam tangki.

Pemantauan Keausan:


Periksa tangki secara rutin untuk tanda-tanda keausan atau kerusakan. Polypropylene tahan terhadap korosi, tetapi tetap perlu dipantau untuk memastikan tidak ada kerusakan yang dapat memengaruhi kinerjanya.

Perbaikan Tepat Waktu:


Jika ditemukan kerusakan atau kebocoran kecil, perbaiki segera. Polypropylene dapat diperbaiki dengan mudah dengan pengelasan panas atau metode perbaikan lainnya.

Perbandingan dengan Tangki Kimia FRP


Tangki kimia berbahan FRP (Fiber Reinforced Plastic) juga digunakan secara luas dalam industri kimia. Namun, dibandingkan dengan tangki kimia polypropylene, terdapat beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan:

Ketahanan Kimia:


Polypropylene umumnya lebih tahan terhadap bahan kimia daripada FRP. Ini membuatnya lebih cocok untuk aplikasi di mana bahan kimia agresif digunakan.

Ketahanan Terhadap Korosi:


Tangki FRP rentan terhadap korosi jika terkena bahan kimia tertentu, sedangkan tangki polypropylene memiliki ketahanan yang lebih baik.

Perawatan:


Tangki FRP mungkin memerlukan perawatan lebih intensif dan perbaikan yang lebih sering dibandingkan dengan tangki polypropylene.

Berat:


FRP biasanya lebih berat daripada polypropylene, yang dapat membuat instalasi dan pemindahan lebih sulit.

Biaya:


Polypropylene biasanya lebih ekonomis dibandingkan FRP dalam jangka panjang karena memerlukan lebih sedikit perawatan dan memiliki umur pakai yang lebih lama.


Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, merawat tangki kimia polypropylene relatif mudah dan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tangki kimia FRP. Keandalan, ketahanan terhadap bahan kimia, dan biaya yang lebih rendah membuat polypropylene menjadi pilihan yang menarik untuk aplikasi tangki kimia dalam berbagai industri. Namun, tetap penting untuk melakukan perawatan rutin dan pemantauan untuk memastikan kinerja tangki tetap optimal selama bertahun-tahun.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.

12 views0 comments

Comments


bottom of page