top of page

Mengenal lebih dekat apa itu Ferric Chloride dan kenapa sering digunakan dalam unit Water Treatment


Tangki Kimia HDPE
Tangki Kimia HDPE

Ferric Chloride sering digunakan sebagai flokulan dalam unit pengolahan air karena memiliki beberapa sifat dan keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang ideal dalam proses pengolahan air. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Ferric Chloride sering digunakan sebagai flokulan:


Kemampuan Koagulasi dan Flokulasi:


Ferric Chloride dapat berperan ganda sebagai koagulan dan flokulan. Ini berarti dapat membantu menggumpalkan partikel-partikel di dalam air dan membantu partikel-partikel tersebut berkoagulasi menjadi gumpalan yang lebih besar. Hal ini memudahkan penghilangan partikel-partikel tersebut dari air dengan proses pengendapan.


Keefektifan pada Air Dingin:


Salah satu keunggulan utama Ferric Chloride adalah kemampuannya untuk berfungsi dengan baik pada air dingin. Proses pengendapan sering kali sulit pada suhu rendah, tetapi Ferric Chloride mampu mengatasi masalah ini dengan meningkatkan sedimentasi bahkan dalam air dingin.


Penghilangan Zat Berwarna:


Ferric Chloride efektif dalam menghilangkan zat berwarna dari air. Zat-zat berwarna ini seringkali merupakan hasil dari bahan organik dalam air, dan Ferric Chloride dapat membantu mengendapkan dan menghilangkan zat berwarna ini.


Pengurangan Arsenik:


Ferric Chloride juga digunakan dalam pengolahan air untuk mengurangi kadar arsenik dalam air minum. Ini adalah masalah penting karena arsenik adalah zat beracun yang dapat memiliki dampak kesehatan yang serius.


Pengolahan Air yang Fleksibel:


Ferric Chloride dapat digunakan dalam berbagai aplikasi pengolahan air, termasuk penghilangan kekeruhan, koagulasi yang ditingkatkan, penghilangan bahan organik alami, penghilangan prekursor produk disinfeksi, dan masih banyak lagi. Ini membuatnya sangat fleksibel dalam memenuhi berbagai kebutuhan pengolahan air.


Ketersediaan yang Baik:


Ferric Chloride umumnya tersedia dengan baik di pasaran, membuatnya mudah diakses untuk aplikasi pengolahan air.


Oleh karena itu, Ferric Chloride merupakan pilihan yang populer dalam pengolahan air karena efektivitasnya dalam mengatasi berbagai masalah air dan kemampuannya untuk beroperasi dalam berbagai kondisi, termasuk air dingin. Ini membuatnya menjadi salah satu flokulan yang sering digunakan dalam upaya untuk menghasilkan air yang aman dan bersih untuk konsumsi manusia.



Menyimpan Ferric Chloride dengan aman


Tangki kimia yang terbuat dari HDPE (High-Density Polyethylene) sering dianggap cocok untuk menampung Ferric Chloride dan bahan kimia lainnya karena memiliki beberapa keunggulan dan sifat yang membuatnya menjadi pilihan yang ideal dalam penyimpanan bahan kimia. Berikut adalah alasan mengapa tangki kimia HDPE cocok untuk menampung Ferric Chloride:


Ketahanan terhadap Bahan Kimia:


HDPE dikenal memiliki ketahanan yang baik terhadap berbagai bahan kimia, termasuk asam dan basa. Ferric Chloride adalah bahan kimia yang agresif, tetapi HDPE mampu menahan efek korosif dari zat tersebut tanpa terlalu terpengaruh atau terdegradasi.


Tahan terhadap Korosi:


HDPE adalah bahan yang tahan terhadap korosi, sehingga tidak akan mengalami kerusakan akibat reaksi kimia dengan Ferric Chloride. Ini berarti tangki HDPE akan tetap utuh dan tidak bocor selama penyimpanan Ferric Chloride.


Kekuatan dan Kekakuan:


HDPE memiliki kekuatan dan kekakuan yang cukup baik, sehingga dapat menahan beban Ferric Chloride dan mencegah deformasi atau kebocoran pada tangki.


Ringan:


HDPE adalah bahan yang ringan, sehingga memudahkan dalam proses instalasi, perawatan, dan pengangkutan tangki. Ini dapat mengurangi biaya dan upaya yang terkait dengan tangki penyimpanan.


Kemudahan Pembersihan:


HDPE memiliki permukaan yang halus dan non-poros, sehingga mudah dibersihkan dan mencegah penyerapan atau pencemaran Ferric Chloride pada permukaan tangki.


Tahan terhadap Suhu Ekstrem:


HDPE dapat menahan perubahan suhu yang ekstrem tanpa mengalami perubahan fisik atau kehilangan kekuatan. Hal ini penting karena Ferric Chloride sering diangkut pada suhu tinggi, dan tangki HDPE dapat menampung perubahan suhu ini tanpa masalah.


Umur Panjang:


Tangki HDPE biasanya memiliki umur panjang dan dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa perlu penggantian yang sering. Ini mengurangi biaya jangka panjang dan kerumitan pemeliharaan.


Ketersediaan dan Biaya Terjangkau:


HDPE adalah bahan yang umum dan tersedia dengan harga yang terjangkau, menjadikannya pilihan yang ekonomis untuk penyimpanan bahan kimia.


Keselamatan Lingkungan:


HDPE adalah bahan yang aman untuk lingkungan dan tidak akan melepaskan polutan berbahaya ke dalam tanah atau air.


Kesimpulan


Oleh karena itu, tangki kimia HDPE adalah pilihan yang baik untuk penyimpanan Ferric Chloride karena ketahanan terhadap bahan kimia, ketahanan terhadap korosi, dan kemampuannya untuk menjaga integritas bahan kimia dalam jangka waktu yang lama tanpa mengorbankan keselamatan atau kualitas produk.

274 views0 comments

Comments


bottom of page