top of page

Ketahanan POLYPROPYLENE Untuk Menampung ASAM ASETAT


Ketahanan POLYPROPYLENE Untuk Menampung ASAM ASETAT
Tangki POLYPROPYLENE

Tangki POLYPROPYLENE adalah tangki yang terbuat dari bahan polypropylene, yang dikenal karena ketahanan kimia dan suhu tinggi, serta kekuatan mekaniknya. Tangki ini sering digunakan dalam industri untuk penyimpanan berbagai bahan kimia agresif, air, dan bahan lainnya.


Polypropylene (PP) umumnya memiliki ketahanan yang baik terhadap asam asetat (ethanoic acid) pada konsentrasi rendah hingga sedang. Namun, ketahanan material ini dapat berkurang pada konsentrasi yang lebih tinggi. Berikut adalah panduan umum mengenai kompatibilitas polypropylene dengan asam asetat berdasarkan konsentrasi:

  • Konsentrasi hingga 10%: Polypropylene menunjukkan ketahanan yang sangat baik terhadap asam asetat pada konsentrasi ini. Tidak ada degradasi material yang signifikan dalam kondisi normal.

  • Konsentrasi 10% hingga 25%: Polypropylene masih cukup tahan, tetapi ada potensi peningkatan degradasi terutama jika terpapar dalam jangka waktu lama atau pada suhu tinggi.

  • Konsentrasi di atas 25%: Polypropylene tidak disarankan untuk menahan asam asetat pada konsentrasi ini karena risiko degradasi material yang signifikan meningkat. Penggunaan polypropylene untuk menyimpan asam asetat dengan konsentrasi di atas 25% bisa menyebabkan kerusakan material dalam waktu singkat.


Berikut adalah tabel ringkasan kompatibilitas kimia polypropylene dengan asam asetat:

Konsentrasi Asam Asetat

Kompatibilitas Polypropylene

Catatan

0-10%

Baik

Tahan terhadap degradasi, cocok untuk penggunaan jangka pendek hingga sedang pada suhu kamar

10-25%

Moderat

Ketahanan masih tergolong baik namun pemantauan diperlukan untuk penggunaan jangka panjang atau pada suhu tinggi

>25%

Tidak Disarankan

Risiko degradasi signifikan, tidak cocok untuk penyimpanan jangka panjang atau kondisi ekstrem

Untuk aplikasi yang melibatkan asam asetat dengan konsentrasi di atas 25%, sebaiknya pertimbangkan material alternatif yang lebih tahan terhadap asam, seperti PTFE (Teflon).


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


2 views0 comments

コメント


bottom of page