top of page

Kesalahan Fatal Dalam Memilih Tangki Kimia

Updated: Jan 10, 2023


Kesalahan Fatal Dalam Memilih Tangki Kimia | Flootank
Kesalahan Fatal Dalam Memilih Tangki Kimia | Flootank


Memilih jenis tangki kimia dengan bahan yang tepat untuk penyimpanan bahan kimia Anda (chemical storage tank) tidak hanya dapat menghemat biaya, melainkan juga menghemat tenaga Anda. Sebaliknya, jika salah dalam memilih bahan untuk tangki kimia Anda, maka risikonya bisa berimbas pada kerugian investasi. Sebagai gambaran, jika salah memilih bahan, maka tangki tersebut tidak akan bertahan lama sehingga perlu perawatan rutin berkala agar material tangki tidak cepat rusak.


Lebih fatalnya lagi, kesalahan dalam memilih material tangki bisa menyebabkan kebocoran pada tangki setelah beberapa tahun penggunaannya. Beberapa tahun bukanlah waktu yang lama. Kalau bocor, artinya Anda harus melakukan perbaikan atau bahkan pergantian.



Selain itu, tangki kimia yang bocor akibat korosi bisa berakibat pada lingkungan. Bahan kimia yang terdapat dalam tangki bisa mencemari lingkungan dan berimbas pada kesehatan karyawan dan lingkungan sekitar.


Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih jenis dan bahan tangki kimia yang tepat. Anda bisa memilih tangki kimia dengan bahan plastik.


Kenapa plastik? Umumnya, tangki plastik memiliki masa pakai yang jauh lebih lama daripada tangki yang terbuat dari baja dan fiberglass. Hal itu karena sifat teknis dari plastik yang lebih tahan terhadap bahan kimia dan bebas korosi.


Tangki polyethylene (HDPE) bisa menjadi solusi Anda dalam memilih material untuk tangki kimia Anda, karena sifatnya yang tahan bocor dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Selain itu, keunggulan lainnya adalah sebagai isolasi listrik yang baik, impermeable, tahan terhadap >200 jenis bahan kimia, anti korosif, dan food grade.




Flootank telah bekerja sama dengan banyak perusahaan di Indonesia yang membutuhkan Tangki kimia berbahan plastik yang dapat dicustom sesuai kebutuhan Anda. Kami memahami bahwa Anda tidak hanya memerlukan tangki yang aman dan efisien, melainkan juga yang tahan terhadap berbagai bahan kimia.



Engineering team kami sudah berpengalaman dalam membuat dan menangani beragam jenis Tangki Kimia custom. Oleh karena itu, ketika Anda bekerja sama dengan kami, Engineering team kami akan bersama dengan Anda menghitung dan merekomendasikan tangki kimia berbahan plastik yang sesuai dimensi, ukuran dan kebutuhan spesifik Anda.


Tim kami akan menjadi pendamping teknis untuk Anda dalam menyediakan tangki kimia yang Anda butuhkan secara tepat mutu, waktu dan biaya. Kami juga akan membantu Anda dalam memilih jenis polimer plastik yang paling tepat bagi kebutuhan penampungan cairan Kimia Anda. Seperti ketahanan terhadap bahan kimia yang digunakan, penggunaan bahan bakarnya, dan pilihan bahan food grade.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


13 views0 comments
bottom of page