top of page

Kenali Bahan Tangki Panel yang Aman Bagi Industri Makanan

Updated: Jan 10, 2023


Kenali Bahan Tangki Panel yang Aman Bagi Industri Makanan | Flootank
Kenali Bahan Tangki Panel yang Aman Bagi Industri Makanan | Flootank

Hampir semua bidang industri membutuhkan tangki panel dan tangki custom sebagai penunjang fasilitas tempat penyimpanan dan pengolahan. Tidak terkecuali industri makanan yang setiap hari berjibaku dengan bahan pangan, sehingga sterilisasi pun sangat dijaga dengan ketat dalam proses produksi barangnya. Oleh karena itu, menilai dari sisi kesehatan dan keamanannya, Anda perlu mencermati beberapa hal sebelum memilih tangki panel yang dialokasikan untuk industri makanan.


Tangki panel yang aman bagi industri makanan yakni tangki yang terbuat dari bahan material sesuai standar mutu tinggi dan mendapat pengakuan dari FDA (Food, Drug, and Administration). Tangki berlisensi food-grade dinilai lebih aman karena memiliki lapisan antimikroba pada dinding tangkinya. Selain itu, pemilihan warna tangki gelap juga disarankan untuk menghalau sinar UV yang dapat menyebabkan tumbuhnya lumut di dalam tangki.



Nah, berikut beberapa bahan tangki panel yang aman bagi industri makanan yang bisa Anda temukan di pasaran.


Tangki Panel Stainless Steel

Terbuat dari material stainless dengan bahan dasar SS 304, membuat tangki ini kokoh dan aman digunakan untuk penampungan bahan pangan. Tidak perlu khawatir akan zat berbahaya seperti merkuri, karena material ini telah diakui berstandar FDA Amerika Serikat.


Bahan panel stainless steel memiliki daya tahan terhadap benturan yang sangat baik, sehingga tangki berbahan ini pun tidak mudah berubah meski mendapat tekanan air besar. Anda dapat dengan mudah melakukan perawatannya karena adanya lubang di dasar tangki untuk pembuangan.


Meski begitu, tangki panel stainless steel cukup rentang terhadap korosi, sehingga tidak direkomendasikan untuk pemakaian di daerah pantai air tanah yang mengandung asam.


Tangki Polyethylene (PE)

Tangki berbahan polyethylene (PE) ini sudah lama digunakan di berbagai bidang industri dan rumah tangga. Tangki air ini terbuat dari bahan dasar plastik polyethylene yang bebas dari partikel beracun sehingga cocok diaplikasikan untuk penyimpanan bahan makanan.


Telah mengantongi standar Food Grade & Non Health Efect Material, tangki air polyethylene didesain agar tahan terhadap benturan dan tekanan. Selain itu, bagian dalam tangki juga diberi lapisan antimikroba guna memperlambat tumbuhnya lumut.


Anda tidak perlu khawatir akan kerentanan terhadap korosi, karena tangki air polyehylene terkhusus dari Flootank didesain tahan terhadap pengaruh perubahan cuaca, sinar UV, dan chemical resistant yang tinggi serta telah melalui uji lab ketat. Bagian dinding tangki yang halus lebih mempermudah saat proses pengurasannya.



Tangki Polypropylene Homopolymer (PP-H)

Salah satu bahan plastik yang juga banyak digunakan untuk pembuatan wadah makanan dan minuman yakni Polypropylene Homopolymer (PP-H). Sama seperti polyethylene (PE), bahan plastik satu ini juga telah diakui sesuai standar Food Grade & Non Health Efect Material sehingga aman dan bebas dari zat kimia berbahaya.


Tangki yang mengusung material PP-H ini mampu didesain untuk tahan terhadap >200 jenis bahan kimia dengan sifat isolasi listrik yang sangat baik. Selian itu, Anda dapat menggunakan tangki PP-H untuk proses produksi yang memakan suhu mulai dari 0o sampai 1000 C dengan aman.


Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


Itulah beberapa bahan tangki panel yang aman digunakan bagi industri makanan. Anda bisa mendapatkan tangki panel Polyethylene (PE) dan Polypropylene Homopolymer (PP-H) dengan kualitas unggul di Flootank. Kami juga melayani pemesanan tangki custom yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan fasilitas industri Anda dengan harga terjangkau.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


17 views0 comments
bottom of page