top of page

Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Bocornya Fitting Tangki Penyimpanan


Fitting Tangki Penyimpanan Kimia

Jangan terkejut jika Anda menemukan fitting tangki penyimpanan Anda bocor. Kondisi ini bukanlah sesuatu yang jarang terjadi, terutama pada tangki yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Meski terlihat cukup serius, tapi jangan panik! Masalah ini dapat diselesaikan dengan cara yang cukup sederhana.


Ada beberapa cara untuk mengatasi bocornya fitting tangki penyimpanan, mulai dari pencegahan hingga tindakan perbaikan yang harus Anda lakukan jika sudah terjadi kebocoran. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi yang berguna untuk membantu Anda mengatasi masalah ini dengan mudah.


Penyebab Kebocoran Fitting Penyimpanan Bahan Kimia


Untuk menghentikan kebocoran, akar penyebab kebocoran harus ditentukan terlebih dahulu. Dalam hampir semua kasus, penyebabnya terkait dengan pemasangan alat kelengkapan tangki yang tidak tepat. Ada lima masalah umum yang dapat menyebabkan fitting bocor dan tiga di antaranya terkait dengan pemasangan yang tidak tepat.


1. Usia


Fitting yang sudah lama dapat menjadi korosif atau aus, sehingga menjadi rapuh dan rentan terhadap kebocoran. Jadi, pastikan untuk memeriksa usia fitting secara teratur dan menggantinya jika diperlukan.


2. Tekanan


Tekanan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan fitting menjadi rusak dan bocor. Jadi, periksa tekanan tangki secara teratur dan sesuaikan jika diperlukan.


3. Suhu


Suhu yang ekstrem dapat menyebabkan fitting menjadi rapuh dan rusak. Pastikan untuk menyimpan bahan kimia pada suhu yang sesuai dengan spesifikasi produsen.


4. Kualitas fitting


Fitting yang buruk atau rusak sejak awal dapat menyebabkan kebocoran. Jadi, pastikan untuk membeli fitting dari pemasok terpercaya dan berkualitas.


5. Pemasangan yang salah


Pemasangan yang salah atau kurang ketat dapat menyebabkan kebocoran fitting. Pastikan untuk memasang fitting dengan benar dan menyetelnya dengan ketat sesuai dengan petunjuk pemasangan.


Selain pertimbangan tersebut, Anda dapat meminimalisir paparan bahan kimia dengan menambahkan splash guard atau shield. Anda juga harus memasang penahanan tangki sekunder yang tepat untuk memastikan bahwa bahan kimia yang bocor tidak dapat bersentuhan dengan peralatan, personel, atau lingkungan.


Bagaimana memperbaikinya?


Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat diikuti untuk memperbaiki fitting yang bocor pada tangki penyimpanan:


1. Identifikasi sumber kebocoran


Periksa bagian fitting yang bocor dengan hati-hati dan pastikan bahwa Anda telah menemukan sumber kebocoran yang sebenarnya sebelum mencoba memperbaikinya.


2. Matikan aliran bahan kimia


Pastikan untuk mematikan aliran bahan kimia atau gas yang ada dalam tangki penyimpanan sebelum memulai perbaikan.


3. Bersihkan area sekitar fitting


Bersihkan area sekitar fitting dengan lap bersih dan kering untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran atau zat lain yang bisa masuk ke dalam fitting saat Anda membukanya.


4. Ganti O-ring


O-ring sering menjadi penyebab kebocoran pada fitting. Jika Anda menemukan bahwa O-ring rusak atau aus, ganti dengan O-ring baru yang sesuai dengan ukuran dan tipe fitting.


5. Perbaiki atau ganti fitting yang rusak


Jika fitting itu sendiri yang rusak, maka Anda harus memperbaikinya atau menggantinya dengan fitting baru yang sesuai dengan ukuran dan tipe fitting yang dibutuhkan.


6. Pasang kembali fitting


Setelah fitting telah diperbaiki atau diganti, pasang kembali fitting ke tangki penyimpanan dengan hati-hati. Pastikan untuk mengikuti instruksi pemasangan dengan benar dan memperhatikan torsi yang diperlukan pada baut fitting.


7. Tes kebocoran


Setelah fitting terpasang kembali, tes kembali dengan hati-hati untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran yang terjadi. Buka aliran bahan kimia atau gas dan periksa apakah ada tanda-tanda kebocoran.


Ingat, jika Anda tidak yakin dengan cara memperbaiki fitting yang bocor, sebaiknya hubungi ahli untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Terlebih jika alat kelengkapan atau pipa ledeng Anda perlu diganti, jangan mencoba melakukannya sendiri. Hubungi Teknisi Layanan Lapangan Flootank atau pipefitter yang berkualifikasi untuk mengganti fitting bocor Anda dan pastikan pemasangan dilakukan dengan benar.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir steel coating HDPE Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


80 views0 comments

Comentarios


bottom of page