top of page

Jangan Anggap Remeh! Kenali Sistem Tangki untuk Bahan Kimia Industri Migas



Migas adalah sumber daya alam yang penting bagi kehidupan modern kita. Namun, pengolahan dan pengangkutan Migas juga melibatkan banyak bahan kimia berbahaya yang membutuhkan sistem tangki yang tepat untuk menghindari bahaya dan kerusakan lingkungan.


Menurut data dari American Petroleum Institute (API), kebocoran tangki Migas dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat parah. Bahkan, pada tahun 2019 saja, terjadi sekitar 1.400 insiden kebocoran tangki Migas di Amerika Serikat.


Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali sistem tangki yang tepat untuk bahan kimia Migas. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan baffle, sebuah pelat panjang dan datar yang terpasang di dalam tangki untuk menciptakan gerakan fluida dari atas ke bawah dan mencegah penumpukan bahan kimia di bagian bawah tangki.


Namun, penting juga untuk memperhatikan jenis bahan kimia yang digunakan, karena setiap bahan kimia memiliki kebutuhan pencampuran yang berbeda. Beberapa aplikasi memerlukan clean in place (CIP) untuk mencegah kontaminasi, sementara beberapa aplikasi memerlukan mixer pada sudut untuk menciptakan pola pencampuran yang optimal.


Jangan anggap remeh pentingnya sistem tangki yang tepat untuk bahan kimia Migas. Dengan memilih dan menggunakan sistem tangki yang tepat, kita dapat menghindari bahaya dan kerusakan lingkungan yang dapat ditimbulkan oleh kebocoran tangki.


Jenis Bahan Kimia Industri Migas


Bahan kimia Migas sangatlah beragam, dan berbagai jenis bahan kimia tersebut digunakan untuk berbagai tujuan dalam industri Migas. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis bahan kimia Migas yang umum digunakan:


Asam asetat


Asam asetat adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam industri Migas sebagai penghambat korosi. Bahan kimia ini membantu melindungi peralatan dari kerusakan akibat korosi.


Asam borat


Asam borat adalah bahan kimia yang digunakan dalam industri Migas sebagai penghambat korosi. Bahan kimia ini juga dapat digunakan untuk mengontrol pH dalam proses pengolahan Migas.


Kalsium klorida


Kalsium klorida adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam industri Migas untuk membantu mengurangi tekanan hidrostatik pada formasi reservoir. Bahan kimia ini juga digunakan sebagai bahan pengisi dalam proses fracking untuk membantu membuka celah-celah dalam formasi batuan.


Asam format


Asam format adalah bahan kimia yang digunakan dalam industri Migas sebagai agen pembersih dan penghilang karat. Bahan kimia ini juga dapat digunakan sebagai pengawet dalam proses pengolahan Migas.


Asam klorida


Asam klorida adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam industri Migas sebagai penghambat korosi. Bahan kimia ini juga digunakan sebagai agen pembersih dan penghilang karat.


Asam fosfat


Asam fosfat adalah bahan kimia yang digunakan dalam industri Migas sebagai penghambat korosi. Bahan kimia ini juga dapat digunakan untuk mengontrol pH dalam proses pengolahan Migas.


Natrium hidroksida


Natrium hidroksida adalah bahan kimia yang digunakan dalam industri Migas sebagai agen netralisasi dan pengatur pH. Bahan kimia ini juga dapat digunakan sebagai bahan pengisi dalam proses fracking untuk membantu membuka celah-celah dalam formasi batuan.


Dalam industri Migas, sangat penting untuk menggunakan bahan kimia yang tepat untuk memastikan efisiensi dan keamanan operasi. Penggunaan bahan kimia yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan, merusak lingkungan, dan bahkan membahayakan kesehatan pekerja. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan penelitian dan berkonsultasi dengan ahli sebelum menggunakan bahan kimia tertentu dalam operasi Migas.


Flootank telah merancang dan membuat sistem tangki HDPE untuk penyimpanan bahan kimia di pasar Migas. Sebagai ahli dengan pengetahuan teknis tentang bahan kimia ini, industri Migas telah mempercayai Flootank untuk memberikan solusi penyimpanan bahan kimia yang dapat mereka andalkan.


Tantangan Penyimpanan Bahan Kimia


Bahan kimia yang digunakan dalam industri Migas sangat berbahaya, dan mereka membutuhkan sistem penyimpanan yang melindungi pekerja dan mencegah reaksi kimia berbahaya.


Tangki harus dibersihkan sesuai dengan siklus perawatan rutin. Jika Anda tidak memiliki sistem pembuangan penuh yang tepat, karyawan Anda mungkin perlu masuk ke tangki dan membersihkannya dengan tangan. Itu menimbulkan risiko kontak fisik atau menghirup bahan kimia berbahaya di ruang terbatas. Sistem pengurasan penuh meminimalkan risiko ini karena karyawan dapat membersihkan tangki dengan aman menggunakan mesin cuci bertekanan atau bola semprot yang dipasang dalam banyak kasus tanpa memasuki tangki.


Untuk mendapatkan pengurasan penuh, banyak perusahaan memasang alat kelengkapan di bagian bawah dinding samping tangki mereka, di ruas-ruas tangki. Ini adalah permukaan melengkung, yang berarti tangki tidak sepenuhnya rata dengan pemasangan. Akhirnya, kebocoran bisa makin banyak terjadi. Perusahaan lain memasang alat kelengkapan outlet tepat di atas ruas tangki, yang tidak memungkinkan pengurasan penuh.

Selain itu, alat kelengkapan yang dipasang memiliki banyak komponen, yang dapat memberikan lebih banyak peluang kebocoran.


Tangki Kimia yang Lebih Aman untuk Industri Migas


Untuk industri Migas, tangki kimia yang lebih aman adalah tangki baja karbon atau stainless steel. Tangki ini tahan terhadap korosi dan tahan terhadap tekanan tinggi yang sering terjadi dalam aplikasi Migas. Selain itu, tangki ini biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti katup pelepasan tekanan dan sistem pemadaman kebakaran. Penting juga untuk mempertimbangkan ukuran tangki yang tepat untuk meminimalkan risiko kebocoran dan kecelakaan. Pastikan juga tangki tersebut diinstal oleh profesional yang berpengalaman dan diawasi secara teratur untuk memastikan keselamatan selama penggunaan.


Namun, kami di Flootank juga menawarkan berbagai tangki penyimpanan kimia HDPE, yang digunakan untuk menyimpan berbagai cairan dan bahan kimia dalam industri Migas. Diproduksi menggunakan HDPE, tangki ini dikenal dengan desain anti bocor, ketahanan terhadap korosi dan perawatan yang rendah. Rangkaian tangki kami tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan kapasitas untuk memenuhi beragam kebutuhan industri.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir steel coating HDPE Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

48 views0 comments

Comments


bottom of page