top of page

Cairan Kimia yang Dapat Diterima oleh Material HDPE


Tangki Kimia HDPE
Tangki Kimia HDPE

HDPE (High-Density Polyethylene) adalah salah satu jenis plastik polietilena yang populer dan banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk kemasan, industri, peralatan rumah tangga, dan sektor pertanian. Salah satu keunggulan utama HDPE adalah ketahanannya terhadap berbagai cairan kimia. Beberapa cairan kimia yang dapat diterima oleh material HDPE termasuk:

1. Air (H2O):

HDPE sangat tahan terhadap air dalam berbagai kondisi dan suhu. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk produk-produk yang akan bersentuhan dengan air, seperti botol minum, ember, pipa saluran air, dan wadah penyimpanan.

2. Asam Lemah:

HDPE umumnya tidak bereaksi dengan asam lemah seperti asam asetat (CH3COOH) dan asam sitrat. Karena sifat ini, HDPE dapat digunakan untuk kemasan makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan semacam itu.

3. Basa Lemah:

HDPE juga mampu menahan basa lemah seperti natrium hidroksida (NaOH) dalam konsentrasi rendah. Ini menjadikannya bahan yang cocok untuk produk pembersih rumah tangga dan industri.

4. Garam:

HDPE dapat mengatasi berbagai jenis garam yang umumnya ditemukan dalam larutan air, termasuk garam dapur (natrium klorida) dan garam-garam anorganik lainnya.

5. Minyak dan Lemak:

HDPE adalah bahan yang tahan terhadap minyak dan lemak, termasuk minyak sayur, minyak pelumas, dan lemak hewani.

6. Pelarut Non-Polar:

HDPE tidak larut dalam pelarut non-polar seperti minyak, bensin, dan pelarut organik lainnya. Oleh karena itu, HDPE sering digunakan untuk produk-produk yang mungkin bersentuhan dengan pelarut semacam itu.

7. Zat Buangan:

HDPE tahan terhadap berbagai jenis zat buangan dan bahan kimia yang ditemukan dalam sistem pengolahan air limbah, menjadikannya pilihan yang baik untuk pipa saluran air dan tangki penyimpanan.

8. Bahan Kimia Pertanian:

HDPE dapat diterima dengan baik oleh banyak bahan kimia pertanian seperti pupuk dan pestisida yang sering digunakan dalam pertanian modern.

9. Zat Kimia Industri:

HDPE sering digunakan dalam berbagai industri, termasuk kimia, farmasi, dan manufaktur, karena kemampuannya untuk bertahan terhadap berbagai bahan kimia industri.


Kesimpulan

Namun, walaupun HDPE memiliki ketahanan yang baik terhadap banyak cairan kimia, ada beberapa cairan kimia yang dapat berinteraksi dengan HDPE dan menyebabkan pelunakan, perubahan warna, atau kerusakan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan jenis cairan kimia yang akan berinteraksi dengan HDPE dan melakukan uji kompatibilitas jika diperlukan sebelum menggunakannya dalam aplikasi tertentu.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang


12 views0 comments
bottom of page