top of page

Baffle, Senjata Rahasia untuk Pencampuran Tangki!


Baffle pada Tangki Kimia

Hai, pembaca setia! Apakah Anda tahu bahwa ada senjata rahasia untuk mencampur bahan dalam tangki? Iya, senjata rahasia itu disebut "Baffle". Baffle adalah sebuah alat yang sangat penting untuk mencampur bahan dalam tangki dengan efektif dan efisien. Tanpa baffle, campuran bahan dalam tangki akan menjadi tidak homogen dan dapat menyebabkan masalah dalam proses produksi.


Mencampur bahan kimia tidak jauh berbeda dengan membuat adonan kue. Anda memerlukan wadah untuk menampung bahan, serta braket untuk menopang sistem pencampuran. Namun, jika Anda pernah membuat kue, pasti tahu betapa pentingnya memindahkan mangkuk untuk mencampur semua bahan secara merata. Tidak masuk akal jika hanya menggunakan mixer dan menempatkannya di satu titik.


Namun, dalam konteks penyimpanan dan pencampuran bahan kimia, memindahkan tangki besar untuk mencampur semua bahan bukanlah solusi yang efektif. Inilah mengapa baffle menjadi senjata rahasia untuk mencampur bahan kimia dengan sempurna.

Jadi, apa sebenarnya baffle itu? Mari kita bahas bersama-sama!


Apa itu Baffle?


Baffle adalah pelat atau partisi yang dipasang di dalam tangki untuk membantu mengalirkan bahan dan mencampurnya dengan baik. Penggunaan penyekat ini umumnya digunakan untuk pencampuran dan suspensi padat karena tangki silinder vertikal cenderung membuat pola berputar yang tidak diinginkan meskipun impeller yang digunakan berbeda. Beban yang dihasilkan oleh penyekat lebih sedikit dibandingkan dengan sudut offset atau teknik vertikal.


Pada beberapa tangki, teknik offset cukup efektif, tetapi untuk tangki yang lebih besar, mixer yang lebih berat akan menjadi mahal. Dalam hal ini, pemasangan penyekat lebih hemat biaya. Biasanya, tiga atau empat penyekat digunakan di dalam tangki dan dipasang sekitar 4-6 inci dari dinding dalam tergantung pada ukuran tangki. Dengan baffle, bahan akan terus bergerak dan tercampur dengan baik, sehingga menghasilkan campuran yang seragam dan stabil.


Penggunaan baffle sangat penting dalam berbagai industri, seperti industri kimia, farmasi, dan makanan. Dalam industri makanan, baffle digunakan untuk mencampur bahan seperti susu dan coklat dalam produksi es krim yang lezat. Sementara itu, dalam industri farmasi, baffle digunakan untuk mencampur bahan obat dalam tangki yang besar.


Bagaimana Baffles Terpasang?


Baffles biasanya dipasang di dalam tangki dengan cara yang sederhana namun efektif. Mereka dapat dipasang secara vertikal atau horizontal tergantung pada desain tangki dan tujuan pencampuran. Pemasangan vertikal biasanya lebih mudah dilakukan pada tangki yang lebih kecil, sedangkan pemasangan horizontal lebih umum pada tangki yang lebih besar.


Untuk memasang baffle secara vertikal, pertama-tama buat lubang di dinding tangki dan pasang plat vertikal di dalamnya. Plat tersebut kemudian diikat ke dinding tangki menggunakan baut dan mur.


Sementara itu, untuk pemasangan horizontal, plat dibuat sedemikian rupa sehingga menonjol dari dinding tangki dengan sudut yang tepat. Kemudian plat tersebut diikat dengan baut ke dinding tangki, dengan posisi sudutnya yang tepat untuk mendorong cairan dari atas ke bawah.


Dalam beberapa kasus, tangki akan dirancang dengan ruang khusus untuk baffle, memungkinkan pemasangan yang mudah dan efisien. Setiap tangki berbeda, sehingga metode pemasangan baffle mungkin sedikit bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kondisi lingkungan di mana tangki berada.


Pertimbangan Pencampuran


Bahan kimia yang berbeda butuh sistem pencampuran yang beda juga, loh. Misalnya ada bahan kimia yang bikin lumpur, kan kalau lumpur cuma numpuk di bawah tangki aja, ntar jadi masalah juga. Nah, jadi solusinya adalah pakai sistem penyekat.


Dengan begini, cairannya akan terus bergerak dari atas ke bawah, jadi lumpurnya tercampur rata. Atau bisa juga dipasang mixer di sudut tangki biar hasil campurannya lebih merata lagi. Ada juga aplikasi seperti di bidang makanan, farmasi, atau air limbah yang perlu disterilkan secara teratur untuk hindari kontaminasi.


Gambaran Perusahaan yang Menggunakan Sistem Baffle


Suatu perusahaan kimia yang memproduksi bahan kimia cair seperti minyak dan pelumas sering mengalami masalah pencampuran yang tidak merata dalam tangki penyimpanan mereka. Setelah melakukan beberapa penelitian, mereka memutuskan untuk menginstal sistem baffle pada tangki penyimpanan mereka untuk menciptakan gerakan fluida yang lebih baik dan memastikan pencampuran yang merata.


Setelah menginstal sistem tersebut, perusahaan tersebut mulai melihat peningkatan dalam kualitas produk dan efisiensi produksi mereka. Mereka juga menemukan bahwa waktu yang dihabiskan untuk membersihkan tangki telah berkurang secara signifikan, karena baffle membantu memastikan bahwa bahan kimia dicampur dengan baik dan tidak menumpuk di bagian bawah tangki. Dalam jangka panjang, investasi dalam sistem baffle membantu perusahaan meningkatkan efisiensi produksi mereka dan mengurangi biaya perawatan tangki penyimpanan.


Merancang Sistem Mixing Anda


Flootank menawarkan beberapa gaya dudukan mixer yang berbeda, tergantung pada konfigurasi mixer:

  1. Penjepit pada Style Mixer Attachment - Digunakan pada tangki vertikal kecil dengan mixer yang sangat kecil dan ringan.

  2. Dukungan Mixer Berdiri Bebas Kecil - Digunakan pada tangki atas terbuka kecil dengan mixer kecil dan ringan.

  3. Jembatan Pengaduk yang Didukung Tangki Vertikal - Digunakan pada tangki vertikal yang lebih kecil.

  4. Jembatan Pengaduk Berdiri Bebas Tangki Atas Besar atau Terbuka - Digunakan pada tangki vertikal dan tangki atas terbuka dengan mixer yang lebih besar

Saat merancang sistem pencampuran tangki, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor untuk memastikan bahwa braket yang tepat digunakan. Tim Engineer perlu menentukan beban ke bawah, beban lentur, berat mixer, beban torsi pada mixer, dan sudut. Pertimbangan dan pemahaman yang cermat tentang elemen-elemen ini akan menghasilkan solusi penyimpanan bahan kimia yang aman dan hemat biaya.


Namun, ketika mixer tidak dipasang dan dikurung dengan benar, pencampuran yang tidak tepat dapat mengakibatkan biaya tambahan untuk bahan yang terbuang dan potensi kerusakan pada mixer dan tangki. Kami sarankan untuk menghubungi kami sebelum Anda memulai desain sistem pencampuran tangki sehingga kami dapat membantu.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir steel coating HDPE Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.





571 views0 comments

Comments


bottom of page