Apa Perbedaan HDPE dan PET?

Updated: Nov 10


Plastik HDPE dan PET dewasa ini sangat populer di kalangan produsen. Keduanya memang sangat mirip kalau dilihat secara sekilas, namun tahukah Anda bahwa ada perbedaan HDPE dan PET? Bahkan perbedaan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk produk-produk tertentu. Jadi, Anda perlu mengetahui perbedaan keduanya.


Apa perbedaan HDPE dan PET?


Botol plastik HDPE

HDPE atau High Density Polyethylene merupakan salah satu plastik yang paling umum digunakan dalam industri manufaktur. HDPE dikenal karena kekuatan dan daya tahannya yang sangat baik.


Baca Juga: Plastik HDPE dan PP: Manakah yang Lebih Cocok untuk Bisnis Anda?


Meskipun HDPE bukan plastik bening, namun HDPE dapat digunakan untuk membuat botol semi-buram yang memungkinkan konsumen melihat isi dari botol tersebut. HDPE juga bisa diproduksi dengan berbagai warna, namun yang paling populer adalah warna putih.


Botol plastik PET

Polyethylene terephthalate atau PET seringkali digunakan untuk pengemasan di berbagai industri. Kejernihan plastik ini membuatnya cocok digunakan untuk botol minuman dan cairan lainnya, karena warnanya bening seperti kaca.

Sama seperti HDPE, PET juga bisa diproduksi dalam berbagai warna.


Manakah yang lebih baik, HDPE atau PET untuk pengemasan?

Keduanya sama-sama baik, semua kembali lagi kepada kebutuhan Anda. HDPE sedikit lebih tahan terhadap benturan daripada PET dan jenis ini pun memberikan ketahanan suhu yang lebih besar, serta penghalang uap air yang sangat baik.


Sedangkan PET memiliki berat yang lebih ringan dari HDPE, lebih fleksibel, dan lebih tahan terhadap bahan kimia. Lalu, HDPE atau PET? Nah, Anda perlu mengenai terlebih dahulu kedua bahan baku tersebut. Kemudian, Anda analisis di antara kedua bahan tersebut manakah yang cocok untuk produk Anda.


Perbedaan HDPE dan PET bisa dilihat dengan mata telanjang. Salah satunya transparansinya. PET lebih bening daripada HDPE. Oleh karena itu, PET sangat ideal digunakan untuk kemasan yang perlu menarik perhatian. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menempelkan berbagai label di permukaannya.


Warna branding di label tidak akan berbenturan dengan warna wadahnya, karena PET berwarna bening. Sebaliknya, kemasan yang diproduksi menggunakan HDPE memungkinkan apa yang ada di balik kemasan tersebut tidak begitu jelas terlihat, karena warnanya semi buram.


Baca Juga: LDPE dan HDPE, Apa Persamaan dan Perbedaannya?


Sekarang, kita bahas persamaan HDPE dan PET. Keduanya sama-sama memiliki daya tahan yang baik, tahan terhadap bahan kimia, dan kuat. Hal ini menjadikannya cocok untuk berbagai kebutuhan, tidak hanya sebagai kemasan makanan, namun juga sebagai tangki penyimpanan dan tangki pengolahan. Selain itu, kedua bahan tersebut juga mudah didaur ulang.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

26 views0 comments