Apa itu Plating Tank dan Kegunaannya



Pernahkah Anda mendengar tentang plating tank? Kalau belum, mari kita bahas dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu.


Apa itu Plating Tank?

Elektroplating merupakan salah satu proses melapisi bahan padat menggunakan lapisan tertentu menggunakan arus listrik searah melalui larutan elektrolit.


Bisa dibilang, proses ini merupakan pelapisan logam yang tujuannya untuk melindungi logam supaya tidak mudah rusak, seperti mengalami korosi.


Nah, ada beberapa lapisan yang umum digunakan seperti PP (Polypropylene), PVC (Polyvinyl chloride), PVDV (Polyvinylidene fluoride), fiberglass, stainless steel, granit, PTFE (Politetrafluoroetilena), dan sebagainya.


Plating digunakan untuk melindungi tembaga dan logam supaya tidak mudah mengalami korosi. Jadi, ini termasuk upaya menghambat proses korosi. Proses ini bisa digunakan pada seng, tembaga, nikel, emas, dan sebagainya.


Struktur Plating Tank

Lantas, apa saja struktur dari plating tank? Komponen utama tangki, yaitu badan tangki, perangkat pemanas dan pendingin, larutan, konduktif, dan pengaduk. Anda juga perlu memperhatikan persyaratan dan perawatan supaya tangki tidak cepat rusak. Persyaratan tersebut seperti memperhatikan tingkat kelenturan atau kekakuan, kekuatan, dan jenisnya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.


Anda juga perlu memperhatikan syarat lainnya, misalnya untuk mencegah kerusakan pada lapisan akibat deformasi berlebihan dari badan tangki, alas tangki harus berjarak 100 mm ~ 120 mm dari tanah.


Secara umum, ukuran tangki elektroplating mengacu pada volume (L) elektrolit yang terkandung di badan tangkinya, yaitu panjang (p) x lebar (l) x tinggi (t). Umumnya, dalam memilih tangki, Anda juga menghitungnya sesuai dengan kondisi atau kebutuhan, seperti jumlah proses elektroplatingnya atau catu daya (power supply) yang Anda miliki.

Jangan mengabaikan untuk memastikan ukuran dan daya yang Anda miliki, supaya Anda bisa lebih mudah melakukan perhitungan dan memastikan kualitas dari elektroplatingnya tersebut.


Saat menentukan ukuran plating tank, ada tiga kondisi dasar yang perlu Anda penuhi :


  1. Memenuhi persyaratan pelapisan listrik, jika ada bagian-bagian yang terendam sepenuhnya, maka semua permukaan harus dilapisi.

  2. Mencegah elektrolit supaya tidak terlalu panas.

  3. Menjaga stabilitas komposisi elekrolit dalam siklus produksi elektroplating.


Oh iya, plating tank biasanya berbentuk persegi panjang, dengan lebar 600 - 1.000 mm dan kedalaman 800 - 1.200 mm.


Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tangki plating plastic yang dapat dicustom desain dan ukurannya, Anda bisa menghubungi Flootank di enquiry@flootank.com. Engineer kami mampu menghitung dan mendesain berbagai aplikasi plastik industrial dengan standard DVS Guideline 2205, DIN EN 1778, dan ISO 8584 yang diakui secara internasional.

13 views0 comments