Search

Alasan dibalik Polypropylene sangat diminati sebagai material pembuatan Tangki Kimia



Tangki adalah unit penyimpanan khusus yang melayani kebutuhan komersial dan residensial seperti diantaranya menyimpan air, minyak bumi, limbah berbahaya, bahan kimia, dan zat lain yang harus disimpan di pabrik atau rumah untuk jangka waktu yang lebih lama.


Tiap Tangki memiliki tujuan yang berbeda. Tujuan tersebut bergantung erat pada material yang akan dipakai. Pada artikel ini, kami akan menyoroti material Polypropylene yang dewasa ini begitu banyak diminati sebagi alternative material pembuatan tangki kimia.


Polypropylene (PP) merupakan salah satu dari banyak jenis plastik yang dapat digunakan sebagai material dalam pembuat tangki kimia. Tangki kimia dengan bahan Polypropylene memiliki keunggulan yaitu anti korosi, titik leleh yang sangat tinggi yaitu 160ºC serta ketahanan kimia yang sangat baik dari bahan kimia ringan hingga agresif termasuk hidrogen sulfida, asam oleat, larutan fotografi, kalium karbonat, magnesium hidroksida, dan banyak lagi.


Polypropylene adalah thermoplastic yang ringan dan tahan lama. Material ini juga tergolong padat dan memiliki kekakuan yang tinggi sehingga memiliki kekuatan struktural yang baik. Flootank dapat memfabrikasi Polypropylene menjadi tangki dengan beragam proses pengelasan menggunakan peralatan ekstrusi maupun fusi.



Polypropylene ideal untuk berbagai aplikasi pelapisan listrik dan banyak digunakan di lingkungan pabrik pengolahan baja. Selain itu Polypropylene juga dapat digunakan sebagai material untuk tangki penyimpanan air minum.


Jika dibandingkan dengan tangki logam tradisional seperti baja, stainless steel dan titanium, Tangki polypropylene memiliki beberapa keunggulan kompetitif diantaranya adalah kemampuang benturan yang lebih baik dan ketahanan terhadap karat, korosi, bahan kimia, dan aditif bahan bakar. Selain itu bahan polypropylene juga food grade serta ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dan memiliki masa pakai yang lebih lama daripada tangki logam, yang cenderung retak dan bocor sehingga biaya perawatan pun jauh lebih rendah sehingga lebih hemat total cost of ownership tangki polypropylene lebih optimal dibanding dengan tangki logam tradisional seperti baja, stainless steel dan titanium.





Tangki Polypropylene Flootank juga dapat difabrikasi custom sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda. Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom dari material High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene (PP) jangan ragu untuk hubungi kami di enquiry@flootank.com

7 views0 comments