top of page

4 Cara Merawat Tangki Polyethylene agar Tetap Awet


Tangki Kimia HDPE

Tangki High Density Polyethylene adalah salah satu jenis tangki penyimpanan yang mulai populer dan sering digunakan di berbagai industri. Meskipun tangki ini tahan lama dan kuat, namun perlu dilakukan perawatan agar tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat tangki tersebut bertahan lebih lama dan memberikan manfaat maksimal. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai tips merawat tangki polyethylene yang tepat dan benar, sehingga dapat membantu Anda menghemat uang dalam jangka panjang dan memastikan bahwa tangki Anda tetap dalam kondisi baik.


1. Periksa Instalasi


Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk merawat tangki kimia HDPE agar tetap awet adalah dengan memeriksa instalasi tangki kimia HDPE secara teratur. Pastikan tangki ditempatkan di tempat yang datar, stabil, dan tanah di sekitarnya tampak kokoh. Pastikan tangki dipasang dengan benar dan tidak terkena getaran, guncangan atau tekanan. Instalasi yang salah dapat menyebabkan deformasi pada tangki, yang dapat menyebabkan kebocoran atau kerusakan pada tangki.


Yap, betul sekali, salah satu faktor penting dalam memperpanjang umur tangki kimia HDPE Anda adalah memasangnya dengan benar. Pastikan untuk memeriksa pemasangan tangki Anda agar semua sambungan dan fitting yang digunakan di dinding samping ketiga bawah tangki Anda fleksibel dan berada pada permukaan yang rata, bersih, dan halus. Jangan biarkan ada baut, mur, ring, atau debris lain di bawahnya yang dapat merusak tangki Anda.


Tekanan yang tidak seimbang pada tangki dapat membuatnya cepat rusak dan bahkan membahayakan keselamatan Anda. Selain itu, pastikan ventilasi yang tepat saat Anda mengisi dan mengosongkan tangki. Ventilasi yang baik memungkinkan udara mengalir ke dan keluar dari tangki, sehingga mencegah penumpukan tekanan yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan kerusakan pada tangki.


2. Periksa Suhu Penyimpanan


Pastikan tangki kimia HDPE disimpan pada suhu yang sesuai dan stabil. Tangki harus ditempatkan di tempat yang kering dan terlindung dari sinar matahari langsung. Suhu yang tinggi atau fluktuasi suhu yang besar dapat menyebabkan deformasi atau retak pada tangki. Suhu yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan kerusakan pada tangki, sehingga perlu dijaga suhu penyimpanannya.


Suhu penyimpanan bahan kimia dalam tangki Anda bisa menjadi masalah besar jika tidak diperhatikan dengan baik. Anda harus memastikan bahwa suhu tangki kimia HDPE Anda tidak pernah melebihi 60 derajat Celcius agar tetap aman. Namun, jika Anda tahu bahwa tangki Anda akan terkena suhu ekstrem, maka tangki yang dirancang khusus dengan konstruksi yang lebih tebal diperlukan.


Selain itu, hindari mencampur atau memotong bahan kimia dalam tangki yang sama jika suhu akan terpengaruh secara negatif sebagai bagian dari proses. Jika Anda terpaksa mencampur bahan kimia, pastikan untuk menangani campuran tersebut dengan benar, terutama ketika berhadapan dengan konsentrasi dan pengenceran yang lebih tinggi. Dan jangan lupa selalu memeriksa suhu penyimpanan yang tepat setelah melakukan campuran. Dengan cara ini, suhu tangki kimia HDPE Anda akan selalu terjaga dengan baik, dan bahan kimia Anda akan aman serta tahan lama dalam jangka panjang.


3. Lakukan Inspeksi Umum


Lakukan inspeksi umum tangki polyethylene secara teratur, termasuk pengecekan pada tutup tangki, sambungan pipa, dan area di sekitarnya. Pastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran atau kerusakan pada tangki. Periksa juga tanda-tanda pemakaian seperti retakan, deformasi, atau perubahan warna.


Pastikan fitting dan sambungan berulir pada tangki Anda tidak longgar karena bisa menyebabkan kebocoran. Kebocoran dapat merusak tangki dan membuatnya tidak tahan lama. Jika tangki berada di luar ruangan, jangan lupa bahwa hewan dan serangga dapat menggali dan mengganggu garis tangki. Selain itu, pastikan ventilasi tangki tidak tersumbat atau berkurang dari ukuran aslinya untuk memastikan sirkulasi udara yang baik. Hal ini penting untuk mencegah penumpukan uap berbahaya dalam tangki.


Jika ada tanda-tanda kerusakan, segera ganti tangki baru untuk menghindari kebocoran dan kerusakan lebih lanjut.


4. Lakukan Inspeksi Tahunan


Lakukan inspeksi tersebut oleh ahli tangki untuk memastikan tangki kimia HDPE Anda tetap awet dan aman. Inspeksi ini harus mencakup pemeriksaan visual, pemeriksaan bagian dalam tangki, dan pemeriksaan sistem pengukuran dan alarm. Pengecekan rutin ini akan membantu Anda mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi sebelum masalah tersebut menjadi lebih buruk.


Pastikan tangki kimia HDPE Anda selalu dalam kondisi bersih dan baik dengan melakukan pemeriksaan visual setiap tahun. Jangan khawatir jika Anda tidak tahu bagaimana cara memeriksanya karena kami di Flootank siap membantu Anda. Tim teknisi lapangan kami dilengkapi dengan kamera dan peralatan khusus serta keahlian untuk memastikan bahwa tangki Anda selalu berfungsi dengan baik. Dalam melakukan inspeksi, pastikan untuk memeriksa instalasi yang asli, memeriksa suhu penyimpanan bahan kimia, dan melakukan inspeksi tahunan yang rutin. Tindakan ini akan membantu Anda memaksimalkan umur tangki kimia HDPE Anda dan memastikan bahwa itu selalu dalam kondisi terbaik. Anda dapat menemukan daftar periksa Perawatan Tangki dan Inspeksi Tahunan di bagian belakang Panduan Pemasangan dan Pengoperasian atau melalui tautan di atas.


Dengan merawat Tangki Kima HDPE Anda dengan benar dan melakukan perawatan yang teratur, Anda dapat memperpanjang masa pakai tangki dan menghindari biaya yang tidak terduga akibat kerusakan tangki.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir steel coating HDPE Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

43 views0 comments

Comments


bottom of page