top of page

4 Alasan Anda Membutuhkan Sistem Tangki Full Drain


Tangki Kimia HDPE Conical sangat baik untuk pengurasan sisa kimia
Tangki Kimia HDPE Conical

Untuk menyimpan bahan kimia dengan benar, Anda harus bisa menguras tangki penyimpanan secara total ketika membersihkannya secara rutin. Tapi, menguras tangki bisa jadi lebih sulit dilakukan daripada diucapkan. Keterbatasan tempat, pemasangan yang salah, atau bahan kimia berbahaya bisa bikin sulit mengeluarkan bahan kimia sepenuhnya dari tangki. Kalau tidak bisa dikeluarkan dengan baik, orang mungkin akan mengabaikan pengeringan tangki secara teratur.


Tapi, sebenernya drainase tangki yang penuh itu penting banget. Kalau punya sistem drainase tangki penuh, bakal bisa mengurangi waktu perawatan dan masalah yang muncul. Nah, berikut ini adalah 4 alasan kenapa Anda butuh sistem tangki full drain!



1. Meminimalisir Bahan Kimia Sisa dalam Tangki


Pertama-tama, sistem tangki full drain membantu meminimalisir bahan kimia sisa dalam tangki. Sisa bahan kimia yang dibiarkan di dalam tangki dapat menyebabkan kontaminasi silang, mengurangi efektivitas sistem, dan bahkan menyebabkan kecelakaan yang berbahaya.


Ketika tangki tidak sepenuhnya terkuras, sisa-sisa bahan kimia yang lebih tua tertinggal. Bahan kimia residu ini, seperti garam, logam, dll. dapat membahayakan kualitas kumpulan bahan kimia baru.


Drainase tangki penuh memungkinkan semua bahan kimia terkuras dari tangki. Ini secara efektif menghilangkan bahan kimia sisa dan membantu menjaga kemurnian bahan kimia baru yang akan masuk.


2. Pembersihan Tangki Lebih Mudah dan Aman


Dalam kebanyakan kasus, tangki kimia harus dibersihkan secara teratur. Tanpa sistem pengursan yang tepat, karyawan pabrik mungkin perlu memasuki tangki dan menanggung risiko bersentuhan dengan atau menghirup bahan kimia berbahaya di ruang terbatas. Ini sangat berbahaya ketika Anda menyimpan bahan kimia berbahaya, seperti asam klorida.


Sistem pembuangan tangki penuh meminimalkan risiko ini karena karyawan tidak lagi harus memasuki tangki untuk menghilangkan bahan kimia dan pembersihan dapat dilakukan melalui mesin cuci bertekanan atau selang daya tinggi dari lokasi yang aman.


3. Menghilangkan Radikal Bebas


Ketika bahan kimia tertentu, seperti natrium hipoklorit, disimpan dalam tangki, seiring waktu, garam dan logam yang ada dalam bahan kimia akan jatuh dari bahan kimia ke bagian bawah tangki dan terkumpul di sana. Jika Anda tidak memiliki drainase tangki penuh, bahan kimia baru yang ditempatkan di tangki Anda akan bercampur dengan garam dan logam berat yang dapat menciptakan radikal bebas. Radikal bebas ini menyerang permukaan bagian dalam tangki, yang dapat menyebabkan kerusakan dan membahayakan integritas sistem penyimpanan bahan kimia Anda dari waktu ke waktu.


Pembuangan tangki penuh memungkinkan garam dan logam ini keluar dari tangki selama operasi normal tanpa terjebak dalam sistem umpan kimia.


4. Membatasi Kompromi Integritas Struktural


Mengkompromikan struktur tank dengan cara apa pun dapat menyebabkan masalah. Mengebor lubang di tangki untuk menambahkan manway samping atau alat kelengkapan untuk mengalirkan bahan kimia menciptakan peluang untuk kerusakan struktural, khususnya di tangki polietilen linier. Potensi kerusakan gasket dan fitting bocor meningkat.


Membangun tangki dengan saluran pembuangan penuh sejak awal sangat ideal. Fitting full drain yang ideal adalah yang dicetak sebagai bagian dari tangki dan tidak memiliki sisipan logam sebagai bagian dari fitting. Jenis sistem pembuangan penuh ini adalah bagian dari tangki monolitik dan homogen, tanpa jahitan atau area yang dilas. Membuat tangki dengan cara ini menghilangkan risiko struktur tangki terganggu.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir steel coating HDPE Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.





50 views0 comments

Comments


bottom of page