top of page

Tips Membeli Tangki KIMIA HDPE


Chemical Tank HDPE

Apakah Anda sedang mencari tangki penyimpanan kimia yang berkualitas ? Tangki polietilen densitas tinggi atau HDPE bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan Anda. Dibuat dari bahan plastik berkualitas tinggi, tangki HDPE dirancang untuk menyimpan berbagai jenis bahan kimia dengan aman dan efektif. Namun, memilih tangki yang tepat dapat menjadi tugas yang menantang. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti ukuran, kekuatan, jenis bahan kimia yang akan disimpan, dan banyak lagi.


Desain tangki yang tepat sangat penting untuk keberhasilan penyimpanan bahan kimia yang aman. Membeli tangki penyimpanan bahan kimia bukan hanya tentang memilih ukuran yang tepat—sangat penting untuk merancang konfigurasi tangki yang tepat untuk keselamatan karyawan Anda, perlindungan lingkungan, dan untuk memanfaatkan investasi Anda.


Setiap perusahaan yang datang kepada kami berpikir bahwa mereka memiliki tangki penyimpanan bahan kimia tertentu yang sudah dipilih. Ketika mereka mulai berbicara dengan para ahli tangki kimia kami, mereka menyadari bahwa tangki yang ada dalam pikiran mereka tidak akan memenuhi kebutuhan mereka sama sekali.


Selama bertahun-tahun, kami telah mengembangkan proses yang jelas yang akan membantu Anda membuat semua keputusan yang tepat tentang tangki penyimpanan bahan kimia yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari kita telusuri langkah-langkahnya bersama.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan panduan yang berguna untuk membantu Anda memilih tangki penyimpanan kimia polietilen densitas tinggi dengan harga terjangkau.


Langkah 1: Tentukan Bahan Kimia yang Anda Simpan


Saat merancang spesifikasi untuk tangki penyimpanan bahan kimia, banyak insinyur mulai dengan persyaratan ukuran, bahan tangki, atau beberapa kriteria lainnya. Di Flootank, hal pertama yang perlu kita ketahui adalah jenis bahan kimia apa yang akan disimpan di dalam tangki, dan pada konsentrasi apa.


Informasi ini mendorong semua hal lain yang kami lakukan dalam merancang solusi penyimpanan Anda. Segala sesuatu tentang tangki, mulai dari ketebalan dinding hingga struktur ventilasi—bahkan warna tangki—dimulai dengan mengetahui bahan kimia apa yang akan disimpan.


Jika Anda tidak memulai dengan merancang bahan kimia yang Anda gunakan, sistem penyimpanan Anda dapat berisiko mengalami kegagalan serius, kerusakan peralatan, personel yang terluka, produk yang hilang, dan biaya tak terduga hingga puluhan juta.


Langkah 2: Identifikasi Bahan Tangki yang Tepat


Setelah Anda memahami karakteristik unik bahan kimia Anda, Anda akan dapat mengidentifikasi jenis bahan tangki terbaik untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan Anda. Jika Anda menyimpan air, hampir semua tangki bisa digunakan. Jika Anda berurusan dengan bahan kimia yang sangat teroksidasi, Anda harus menghilangkan opsi tertentu. Mari kita lihat jenis bahan tangki yang paling umum.


STainless steel


Tangki stainless steel dapat digunakan untuk aplikasi bertekanan tinggi, volume tinggi dan suhu tinggi. Tangki penyimpanan stainless steel juga terlihat bagus.


Banyak fasilitas secara otomatis memilih stainless steel hanya karena tangki memiliki reputasi yang baik dan mereka ditemukan di setiap industri. Namun, itu tidak selalu merupakan keputusan bisnis yang bijaksana.


Tangki stainless steel memiliki kekurangan, terutama biayanya. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menemukan solusi alternatif yang sama efektifnya, tetapi biayanya tiga hingga empat kali lebih murah daripada tangki stainless steel.


Portabilitas juga merupakan masalah—setelah Anda memasang tangki, sangat sulit untuk dipindahkan. Ada juga waktu tunggu—tangki baja seringkali membutuhkan waktu lima bulan atau lebih lama untuk dikirim.


Plastik yang diperkuat fiberglass (FRP)


Tangki FRP dilapisi dengan resin kimia interior dan lapisan struktural yang terdiri dari serat kaca cincang atau serat filamen dan resin. Mereka sering ditemukan di fasilitas yang perlu mempertimbangkan tekanan dan volume tangki.


Banyak perusahaan membeli tangki fiberglass mahal untuk aplikasi yang solusi FRP tidak cocok untuk solusi FRP. Bahan kimia yang keras dapat masuk ke dinding tangki dari waktu ke waktu, membahayakan masa pakai tangki dan membutuhkan penggantian dini.


Tangki FRP juga lebih mahal daripada beberapa jenis tangki lainnya, dan konstruksinya memiliki lapisan yang rentan terhadap kebocoran—terutama jika Anda menyimpan bahan kimia agresif.


Tangki polietilen densitas tinggi (HDPE)


HDPE adalah plastik sintetis yang terdiri dari molekul yang terdiri dari atom karbon dan hidrogen yang dihubungkan bersama oleh ikatan kovalen. Molekul-molekul tersebut disusun menjadi rantai panjang yang membentuk dasar kekuatan dan kekakuannya ketika terkena panas atau tekanan. Struktur molekulnya juga membuatnya tahan terhadap bahan kimia seperti asam atau alkali yang dapat menimbulkan korosi pada bahan lain dari waktu ke waktu.


Manfaat utama lain dari penggunaan HDPE adalah biayanya yang rendah dibandingkan dengan plastik lainnya seperti PVC atau ABS. Selain itu, karena struktur molekulnya yang kuat, tidak memerlukan penguatan tambahan saat digunakan dalam aplikasi struktural seperti pipa atau tangki; Ini mengurangi biaya lebih jauh karena tidak ada bahan pendukung tambahan yang perlu dibeli atau dipasang selama proses fabrikasi.


Secara keseluruhan HDPE adalah bahan yang ideal untuk aplikasi industri karena kekuatan, kekakuan, ketahanan kimia, biaya rendah, dan kurangnya penyerapan kelembaban. Ini dapat digunakan untuk aplikasi tangki di banyak industri seperti pertambangan, manufaktur, pengolahan air, dan pertanian.


Langkah 3: Desain Tangki


Setelah Anda mengidentifikasi bahan tangki yang tepat untuk bahan kimia yang Anda simpan, Anda harus menentukan desain tangki yang akan memenuhi kebutuhan Anda. Sebelum Anda memikirkan biaya, pertimbangkan ruang lantai Anda, cara Anda akan menggunakan tangki, dan perubahan apa pun di masa mendatang yang kemungkinan akan memengaruhi tangki penyimpanan Anda (misalnya, peningkatan fasilitas atau relokasi tangki).


Flootank menawarkan beberapa desain tangki inovatif yang memenuhi jenis kebutuhan tertentu.

  1. Tangki vertikal adalah tangki tegak yang memberikan penahanan yang kuat dan layanan yang dapat diandalkan.

  2. Tangki bawah kerucut umumnya digunakan dalam aplikasi proses yang membutuhkan drainase total.

  3. Tangki pelepasan penuh memiliki katup keluar di bagian paling bawah tangki, di bawah jari-jari buku jari tangki. Ini memberi Anda debit penuh 100% dan membuat perawatan lebih aman.

  4. Tangki slope-bottom memberikan pelepasan penuh bahkan zat berat seperti lumpur dan minyak. Tidak ada bahan sisa untuk dibersihkan.

Langkah 4: Sesuaikan dengan Kebutuhan


Terakhir, tangki polietilen densitas tinggi Anda mungkin memerlukan beberapa penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan aplikasi Anda. Kami menawarkan dua opsi terdepan di industri yang meningkatkan kinerja sistem penyimpanan Anda.


Dalam kebanyakan kasus, pelanggan kami membutuhkan perlengkapan dan/atau aksesori yang dipasang. Mereka dapat berkisar dari alat kelengkapan sekat, untuk mengisi garis, tangga, pengekangan seismik, sistem pemanas tangki, dll. Apa pun kebutuhannya, Flootank dapat membantu Anda merancang seluruh sistem tangki Anda.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir steel coating HDPE Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.



23 views0 comments

Comments


bottom of page