top of page

Tangki Terbaik untuk Penyimpanan Bahan Kimia Korosif


Tangki Kimia HDPE
Tangki Kimia HDPE

Bahan kimia korosif adalah zat-zat kimia yang memiliki sifat merusak dan berpotensi membahayakan jika tidak disimpan dengan benar. Oleh karena itu, penyimpanan bahan kimia korosif memerlukan perhatian khusus. Salah satu aspek penting dalam penyimpanan bahan kimia ini adalah penggunaan tangki yang sesuai. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang beberapa tangki terbaik yang dapat digunakan untuk penyimpanan bahan kimia korosif.

1. Tangki PP (Polypropylene)

Tangki polypropylene adalah salah satu pilihan terbaik untuk penyimpanan bahan kimia korosif. Bahan ini tahan terhadap banyak jenis bahan kimia yang bersifat korosif, termasuk asam dan basa kuat. Polypropylene adalah plastik yang tahan terhadap korosi, ringan, dan mudah untuk dipindahkan. Selain itu, tangki polipropilena dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan spesifik penyimpanan bahan kimia. Tangki Polypropylene juga memiliki keunggulan yaitu minim perawatan dan pemeliharaan sehingga secara biaya akan sangat optimal.

2. Tangki HDPE (HIGH DENSITY Polyethylene)

Tangki high density polyethylene juga merupakan pilihan yang baik untuk penyimpanan bahan kimia korosif. high density polyethylene tahan terhadap banyak bahan kimia. Dari segi biaya tangki high density polyethylene juga murah secara jangka panjang karena minim perawatan dan pemeliharaan. Tangki ini juga memiliki berbagai ukuran yang tersedia, sehingga cocok untuk berbagai kebutuhan penyimpanan.

3. Tangki Stainless Steel

Stainless steel adalah logam yang sangat tahan terhadap korosi, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk penyimpanan bahan kimia korosif. Tangki stainless steel sangat kuat dan dapat digunakan untuk bahan kimia agresif, seperti asam sulfat dan bahan kimia berbasis fluoride. Namun, tangki stainless steel biasanya lebih mahal daripada opsi plastik.

4. Tangki FRP (Fiberglass Reinforced Plastic)

Tangki FRP adalah gabungan antara plastik dan serat kaca yang memberikan kekuatan tambahan. Mereka tahan terhadap korosi dan cocok untuk penyimpanan bahan kimia korosif. Tangki ini ringan dan mudah untuk dipasang, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk berbagai aplikasi. Meskipun tangki FRP relatif mudah dalam pemeliharaan dibandingkan dengan beberapa alternatif, mereka masih memerlukan pemeliharaan yang berkala. Pemeliharaan ini dapat melibatkan perbaikan dan penggantian lapisan plastik yang mengalami kerusakan atau degradasi. Ini dapat menyebabkan biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh pemilik tangki.

Pentingnya Desain dan Pemeliharaan

Selain memilih jenis tangki yang sesuai, desain dan pemeliharaan tangki juga sangat penting. Tangki harus dirancang dengan benar untuk menghindari kebocoran dan tumpahan bahan kimia. Penggunaan katup dan sistem pengaliran yang sesuai juga penting untuk mengendalikan aliran bahan kimia.

Pemeliharaan rutin dan inspeksi secara berkala juga harus dilakukan untuk memastikan keamanan penyimpanan bahan kimia. Dalam kasus tangki dengan lapisan khusus, pemeliharaan lapisan tersebut juga harus diperhatikan agar tetap efektif.


Kesimpulan

Penyimpanan bahan kimia korosif adalah tugas yang memerlukan perhatian khusus. Pemilihan tangki yang tepat sangat penting untuk mencegah tumpahan, pencemaran lingkungan, dan bahaya bagi pekerja. Pilihan tangki seperti High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene , stainless steel, FRP, atau tangki dengan lapisan khusus dapat disesuaikan dengan jenis bahan kimia yang akan disimpan. Namun, selalu penting untuk berkonsultasi dengan pakar atau insinyur yang berpengalaman dalam penyimpanan bahan kimia korosif untuk memastikan keamanan dan kesesuaian dengan peraturan yang berlaku.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.

96 views0 comments

Commenti


bottom of page