top of page

Manfaat Scrubber dalam Mengatasi Pencemaran UDARA


Polusi Udara Jakarta Semakin Parah
Polusi Udara Jakarta

Buruknya Kondisi Udara Jakarta


Akhir-akhir ini banyak diberitakan tentang buruknya kondisi udara Jakarta. Industrialisasi merupakan langkah multiplikasi ekonomi guna memajukan Bangsa namun tak dapat dipungkiri pencemaran udara dan lingkungan dampak industrialisasi merupakan salah satu masalah serius jika tidak ditanggulangi dengan baik.


Gas beracun, partikel berbahaya, dan polutan lainnya dapat merusak ekosistem dan kesehatan manusia. Salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi pencemaran ini adalah penggunaan scrubber industri.


Scrubber adalah perangkat yang dirancang khusus untuk menghilangkan polutan dari gas buang pabrik. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan manfaat scrubber dalam mengatasi pencemaran lingkungan pabrik dan material apa yang dapat menjadi pilihan tepat untuk pembuatannya.


Manfaat Scrubber dalam Mengatasi Pencemaran Lingkungan Pabrik:



Wet Scrubber Polypropylene
Wet Scrubber Polypropylene

1. Penyaringan Efisien Polutan:

Scrubber mampu menghilangkan berbagai polutan dari gas buang pabrik seperti sulfur dioksida (SO2), nitrogen oksida (NOx), partikel berbahaya, dan senyawa organik volatil (VOCs). Hal ini mengurangi dampak pencemaran udara yang berpotensi merusak kesehatan manusia dan lingkungan.

2. Meminimalkan Dampak Pencemaran Air:

Selain membersihkan udara, scrubber juga dapat digunakan untuk mengatasi pencemaran air. Dalam pabrik kimia atau industri dengan limbah cair berbahaya, scrubber air dapat menghilangkan zat-zat kimia beracun sebelum dibuang ke dalam saluran air, melindungi ekosistem perairan.

3. Kepatuhan Regulasi Lingkungan:

Penggunaan scrubber membantu pabrik memenuhi peraturan lingkungan yang ketat. Banyak negara memiliki standar emisi yang ketat, dan scrubber membantu pabrik mematuhi regulasi tersebut,menghindari sanksi hukum dan denda.


Karakterisktik Material Yang Tepat Untuk Scrubber



Thermoplastic Material

Scrubber harus memiliki sifat-sifat seperti tahan terhadap korosi, stabil secara termal, dan tahan terhadap banyak zat kimia karena alasan-alasan berikut:

1. Ketahanan Terhadap Korosi:


Pabrik seringkali menghasilkan gas buang yang mengandung senyawa korosif seperti asam sulfur (SO2), asam klorida (HCl), atau senyawa asam lainnya. Jika scrubber tidak tahan terhadap korosi, material scrubber akan mengalami degradasi dan kerusakan yang dapat mengurangi efisiensi operasionalnya. Scrubber yang terbuat dari material tahan korosi dapat bertahan dalam lingkungan yang agresif ini dan memiliki umur pakai yang lebih lama.

2. Stabilitas Termal:


Proses penyaringan gas buang sering melibatkan perubahan suhu yang signifikan. Scrubber harus stabil secara termal untuk menghindari deformasi atau kerusakan saat beroperasi pada suhu yang tinggi atau rendah. Material yang stabil secara termal juga dapat membantu menjaga konsistensi kinerja scrubber.

3. Tahan Terhadap Banyak Zat Kimia:


Polutan dalam gas buang pabrik dapat bervariasi dalam jenis dan konsentrasi. Scrubber harus mampu mengatasi berbagai zat kimia yang mungkin ada dalam gas buang, termasuk asam, basa, senyawa organik volatil (VOCs), logam berat, dan lain-lain. Material yang tahan terhadap banyak zat kimia dapat memastikan bahwa scrubber dapat efektif menghilangkan berbagai polutan ini tanpa mengalami kerusakan atau korosi.

Dengan kata lain, tahan terhadap korosi, stabil secara termal, dan tahan terhadap banyak zat kimia adalah sifat-sifat penting dalam pemilihan material untuk scrubber karena mereka memastikan kinerja scrubber yang andal dan efisien dalam mengatasi pencemaran udara dan air di lingkungan industri



Material Polypropylene untuk Pembuatan Scrubber:




Polypropylene (PP) adalah material yang dapat dipilih untuk membuat komponen scrubber. Berikut adalah beberapa alasan mengapa PP merupakan pilihan tepat:

1. Tahan Terhadap Korosi:

Pabrik seringkali menghasilkan gas buang yang bersifat korosif. PP memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi, sehingga cocok untuk digunakan dalam lingkungan yang agresif.

2. Stabilitas Termal:

Polypropylene (PP) memiliki stabilitas termal yang tinggi, sehingga dapat digunakan dalam berbagai rentang suhu tanpa mengalami perubahan struktural atau degradasi.

3. Keamanan Lingkungan:

Polypropylene (PP) adalah material yang aman secara lingkungan. Ini tidak mengandung bahan berbahaya dan tidak melepaskan senyawa beracun saat terpapar panas atau cairan.


Kesimpulan:

Penggunaan scrubber dalam industri memiliki manfaat besar dalam mengatasi pencemaran lingkungan pabrik. Material polypropylene (PP) merupakan pilihan yang tepat untuk pembuatan scrubber karena tahan terhadap korosi, stabil secara termal dan aman secara lingkungan. Dengan penggunaan scrubber yang cerdas dan material yang tepat, pabrik dapat berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan mematuhi regulasi lingkungan yang ketat.

75 views0 comments

Comments


bottom of page